Ketahui! 5 Manfaat Kurma Yang Baik Dikonsumsi Saat Puasa - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ketahui! 5 Manfaat Kurma Yang Baik Dikonsumsi Saat Puasa
HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Ketahui! 5 Manfaat Kurma Yang Baik Dikonsumsi Saat Puasa

Satukanal.com, Nasional– Kurma yang seringkali dijadikan kudapan awal saat berbuka puasa punya berbagai manfaat bagi tubuh. Wajar, jika buah ini menjadi favorit banyak muslim di kala bulan Ramadhan.

Buah kurma merupakan jenis buah yang berasal dari Timur Tengah yang dikonsumsi saat berbuka maupun sahur. Buah ni juga menjadi favorit Nabu Muhammad SAW. Lantas, apa saja manfaat buah kurma dan mengapa baik apabila dikonsumsi saat berpuasa? Berikut ulasannya:

1. Mengurangi Lapar

Manfaat buah kurma selanjutya yaitu untuk mengurangi rasa lapar. Kandungan serat yang dimiliki kurma, dan kandungan gula yang cukup tinggi pada buah kurma, dapat membuat akan lebih cepat merasa kenyang. Jika buah kurma dikonsumsi saat berbuka puasa sebagai takjil, maka akan baik bagi dalam mengurangi asupan kalori berlebih disaat berbuka puasa.

Ketika dikonsumsi saat sahur, buah kurma yang memiliki kandungan glukosa lambat lepas ini, baik sebagai cadangan energi saat akan menjalankan berpuasa. Tetapi tetap jangan berlebihan saat mengonsumsinya, cukup 3 saja agar tubuh Anda tidak kelebihan gula.

Baca Juga :  Ketahui! Konsumsi Kopi Saat Sahur Bikin Produksi Air Seni Meningkat

2. Mengurangi Haus

Biasanya buah kurma dijadikan makanan untuk berbuka puasa. Namun manfaat buah kurma bisa didapatkan juga jika dimakan saat sahur. Kandungan mineral pada kurma yang cukup tinggi dapat membantu Anda agar tidak cepat merasa haus saat seharian berpuasa. Biasanya saat sahur disarankan untuk mengonsumsi 3 butir buah kurma, seperti yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

3. Mengembalikan Energi Secara Cepat

Saat berbuka puasa, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna terlebih dahulu. Buah kurma merupakan rekomendasi pilihan makanan yang baik untuk pencernaan. Karena buah kurma mengandung banyak nutrisi yang cepat dicerna tubuh dan hal tersebut akan sangat baik jika dikonsumsi saat buka puasa. Bagaimanapun juga, tubuh biasanya akan kehabisan energi dan membutuhkan asupan kalori sebagai bahan bakar energi yang cepat diserap tubuh.

4. Sebagai Energi Cadangan

Pada saat puasa, biasanya tubuh kita akan cenderung kekurangan asupan nutrisi. Hal ini karena ada perubahan pola makan yang biasanya mengonsumsi makanan 3-4 kali dalam sehari dan pada saat puasa, hanya dapat makan pada saat sahur dan berbuka. Mengonsumsi buah kurma dapat menjadi solusinya, karena jika rutin mengonsumsi kurma saat sahur dan berbuka puasa. Kandungan glukosa yang ada pada buah kurma dapat memberi kalori yang cukup sebagai sumber bahan bakar energi tambahan bagi tubuh.

Baca Juga :  Wisata di Zona Orange dan Merah Wajib Tutup

5.Mempersiapkan Pencernaan Saat Berbuka

Kurma juga tentu akan baik jika dikonsumsi sesaat sebelum mengonsumsi makanan berat. Karena, kurma dapat membantu lambung agar tidak kaget. Lambung yang kaget ini dikarenakan kondisi perut yang kosong selama berpuasa. Biasanya jika pada orang yang memang memiliki riwayat penyakit lambung, pada saat berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan yang berat langsung, akan sangat berbahaya, karena dapat menaikkan asam lambung dan membuat perih di lambung.

 

 

Pewarta : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait