Kesegaran Buah Apel Rome Beauty, Jadi Oleh-Oleh Wajib Ketika Berkunjung Ke Kota Batu - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kesegaran Buah Apel Rome Beauty, Jadi Oleh-Oleh Wajib Ketika Berkunjung Ke Kota Batu
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Kesegaran Buah Apel Rome Beauty, Jadi Oleh-Oleh Wajib Ketika Berkunjung Ke Kota Batu

Satukanal.com, Batu – Selain terkenal dengan budaya dan sayuran segarnya, Kota Batu juga memiliki beberapa buah khas, salah satunya Apel. Berbagai jenis Apel khas Batu ini, banyak dijumpai di beberapa toko buah maupun toko khusus oleh-oleh khas Batu.

Ketika berkunjung ke Kota Batu, di beberapa toko oleh-oleh kalian akan sering menjumpai beberapa olahan buah Apel yang di modifikasi, salah satunya olahan buah Apel yang dijadikan keripik maupun dodol.

Hadirnya Apel yang kini menjadi icon dari Batu, tak terlepas dari sejarah pada masa pemeritahan Kolonial Belanda. Mereka membawa tanaman apel sejak 1930-an. Kondisi tanah di Kota Batu yang mendukung, membuat tanaman pohon Apel dapat berkembang di beberapa wilayah Kota Batu, salah satunya Desa Tulungrejo.

Bagi para wisatawan yang pernah berkunjung dan mencicipi Apel dari Kota Batu tidak lepas dari dua kalimat kalau berbicara rasa dari apel. Pertama adalah rasa manisnya dan kedua adalah buah apel khas Batu yang juga memiliki rasa masam.

Dhani Arie selaku salah seorang anggota Kelompok Tani Makmur Abadi Desa Tulungrejo menjelaskan bahwa, para petani buah apel di Batu, biasa menanam setidaknya 5 jenis apel yaitu Manalagi, Rome Beauty, Granny Smith, Anna dan Wanglin.

Baca Juga :  Banjir Bandang Melanda Kota Batu-Malang, 15 Orang Hilang dan Jembatan Sengkaling-Tegalgondo Terputus

Masing-masing jenis apel tersebut juga memiliki ke-khasannya. Seperti Apel Manalagi, Apel ini memiliki rasa yang paling manis dan daging buahnya sedikit keras. Warnanya hijau kekuningan. Sedangkan aromanya begitu harum (wangi) dibandingkan jenis apel yang lain.

Selain Apel manalagi, para petani sekitar juga menanam Apel jenis Rome Beauty. Apel jenis ini pun dapat kalian jumpai di beberapa pasar, salah satunya ada di Pasar Buah Dewi Sri. Beberapa toko oleh-oleh khas Malang pun juga turut menjual Apel jenis ini.

Bentuk buah Apel Rome Beauty ini cenderung lebih bulat dan ukuran yang lebih besar jika dibanding dengan apel manalagi. Sementara dalam hal rasa, apel Rome Beauty memiliki rasa segar sedikit asam. Apalagi tampilan warna hijau bercampur merah membuat daya tarik tersendiri bagi para penikmat apel lokal.

Selain untuk dimakan secara langsung untuk Apel Rome Beauty yang memilik daging berwarna putih ini juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan jus dan manisan. Dari segi harga, apel Rome Beauty ini juga lebih mahal jika dibanding dengan apel manalagi. Per kilogramnya, Mujiono menjualnya dengan harga Rp 17 ribu.

Baca Juga :  Kunjungi Lokasi Terdampak Banjir Bandang Kota Batu, Gubernur Khofifah Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Sebagai informasi, apabila usia pohonnya sudah mencapai 7 tahun ke atas, Apel Rome Beauty dapat menghasilkan 30-40 kg buah per pohonnya. Apel Rome Beauty dilepas dengan SK Menteri Petanian Nomor 893/Kpts/TP.240/11/1984 tanggal 12 Nopember 1984. Apel Rome Beauty berasal introduksi dari Negara Belanda yang dianjurkan baik ditanam pada dataran tinggi antara 700-1.200 m dpl dengan tipe iklim kering.

Selain itu, kini Pohon Induk Tunggal (PIT) apel Rome Beuty telah dideterminasi Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Timur dengan No. Induk PIT/AL/a/JTM-001/16, nomor seri 551, tanggal 07 Agustus 2003. Lokasi Pohon Induk Tunggal (PIT) apel Rome Beaty berada di Kebun Percobaan Banaran.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska 
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait