Kepoin Ikan Cupang Bercorak Emas, Harganya Fantastis - Satukanal
SATUKANAL.COM
Kepoin Ikan Cupang Bercorak Emas, Harganya Fantastis
Ikan Cupang Nemo Copper Gold (Istimewa)
BERITA Kanal Straight

Kepoin Ikan Cupang Bercorak Emas, Harganya Fantastis

Satukanal.com, Kediri – Bagi penggemar ikan cupang pastinya sudah tidak asing dengan jenis Nemo Chopper Gold. Seperti namanya ikan ini memiliki corak emas berkilauan yang tentu menarik perhatian siapa saja yang melihat.

Jenis ini menurut para petani cupang di Kediri banyak diburu kolektor, karena dipandang dari sisi keunikan dan keindahan corak warnanya yang elegan.

Salah satu petani ikan Nemo Copper Gold asal Desa Wonojoyo, Kecamatan Gurah, Rofi Udin Hafiz menuturkan ikan dengan corak emas ini memang sedang booming dikalangan pecinta cupang, termasuk di Kabupaten Kediri. Saking banyak pemburunya harga ikan tersebut kini naik berkali-kali lipat.

“Kalau indukan harga 1,5, sampai 3 juta. Sedangkan harga benihnya per 1000 ekornya dijual sebesar 2 juta-an, itu untuk harga pasaran sekarang,” tutur Rofi kepada satukanal, Sabtu (3/6/2021).

Baca Juga :  PPKM Darurat, Santri Jombang Batal ke Ponpes
Jenis Nemo Copper Gold (Foto: Anis Firmansyah/ Satukanal.com)

Menurut Rofi, harga jenis ikan cupang sebenarnya cukup bervariasi di masing-masing pembudidaya. Harga dapat menjadi sangat tingi apabila ketersediaan ikan minim, seperti Nemo Chopper Gold saat ini.

Ketersediaan menjadi sangat langka, sebab jenis ikan cupang Nemo Chopper Gold bukan berasal dari negara Indonesia. Di tempat Rofi jenis ikan itu mendatangkan langsung dari negara tetangga, yakni Thailand.

“Kalau untuk asal muasal Nemo Chopper Gold, itu awalnya berasal dari Thailand. Lalu kita ambil dari beberapa agen importirnya,” ujarnya.

Rofi menuturkan, saat ini ikan Nemo Copper Gold yang ia budidaya telah dipasarkan hingga ke seluruh wilayah di Indonesia, dan tentunya omset yang didapat mencapai jutaan rupiah.

Baca Juga :  Unik dan Kreatif! Warga Jombang Manfaatkan Jemuran Bantu Sesama

“Penjualan ke hampir semuanya seluruh Indonesia, luar Jawa seperti Aceh, Manado, sampai Papua. Untuk kedepan kita juga akan buat tim khusus untuk pelelangan ikan cupang,” jelasnya.

Dalam pelelangan nantinya, akan menjadi ajang perburuan jenis ikan-ikan cupang yang dinilai langka seperti Nemo Chopper Gold. Disebutkan selain jenis Nemo Chopper Gold, ada jenis lain yang juga tak kalah diburu, yakni ikan cupang jenis Iron Man dan Avatar Yellow.

“Kalau sekarang yang lagi booming itu Nemo Chopper Gold, dan yang lainnya bisa jenis Iron man dan Avatar yellow,” pungkasnya.

 

Pewarta: Anis Firmansah 
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait