Kepala BNPT Lakukan Kunjungan ke Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IMG_20210825_171806-53de7e85
BERITA Kanal Straight

Kepala BNPT Lakukan Kunjungan ke Malang

Satukanal.com, Malang – Bupati Malang, Sanusi menyambut kedatangan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Boy Rafli Amar. Kunjungan kerja ini berlangsung di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Selasa (24/8/2021).

Adapun kunjungan kerja ini bertujuan untuk memberikan perhatian khusus terhadap para mantan napi teroris (Napiter) sesuai perintah dari Presiden RI, Joko Widodo.

Turut hadir Kepala Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Hasto Atmojo Suroyo, Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, Kapolres Malang Kota, AKBP Budi Hermanto, Wakapolres Malang, Kompol Himmawan Setiawan dan beberapa jajaran Kepala OPD Kabupaten Malang.

Kunjungan dari Kepala BNPT serta rombongan ini dijadwalkan akan melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, yang digelar di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang.

Dalam sambutannya Bupati Malang menyampaikan selamat datang dan Terima kasih kepada Kepala BNPT yang menyempatkan waktu untuk datang ke Kabupaten Malang meskipun kondisi serta situasi saat ini serba terbatas.

“Hal ini bukan menjadi penghalang untuk terjun langsung dalam rangka peninjauan pelaksanaan  Vaksinasi  Covid-19 di Desa Juwet Krajan,” ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Malang juga terus berupaya mengoptimalkan penyaluran vaksin kepada masyarakat, agar segera terbentuk herd immunity yang nantinya dapat mencegah, meminimalisir, dan menghentikan penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Harga Bahan Pokok Cenderung Turun, Cabe Jadi Termiris di Kabupaten Malang

“Kita semua juga tidak pernah mengenal lelah untuk mengkampanyekan gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS, di samping juga kita terus mengupayakan partisipasi aktif masyarakat dalam menyukseskan implementasi PPKM di semua tingkatan, mulai dari kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa yang ada di wilayah Kabupaten Malang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BNPT menjelaskan dalam laporan yang disampaikan ke Presiden Joko Widodo, untuk kelompok jaringan teroris tersebut banyak berkembang di Lamongan, Solo Raya. Untuk itu, Pemerintah Daerah (Pemda) diminta melakukan kegiatan pembinaan dan memperbanyak kegiatan yang melibatkan mantan narapidana teroris untuk diajak bersama beraktivitas.

“Pemda untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan, dan melakukan kegiatan yang dapat mengurangi potensi terorisme,” katanya. Pemda juga diminta untuk melakukan kegiatan pembinaan dan memperbanyak kegiatan yang melibatkan mantan narapidana teroris untuk diajak bersama beraktivitas.

“Hal ini dapat dijalankan dari segi ekonomi, politik dan keamanan. Selain itu juga ada tiga aspek yakni pendidikan karakter, ekonomi UMKM, dan aspek terorisme. Tiga aspek itu dapat dijalankan di Jatim, Jabar, Jateng, NTB, Sulteng. Target kita dalam waktu dekat dapat dilaksanakan, 1 Oktober 2021,” jelasnya.

Baca Juga :  Hadirkan WCC Dian Mutiara, Setda Kota Malang Gelar FGD Bahas Kesetaraan Gender 2021

Selain itu, Kepala BNPT juga mengajak masyarakat untuk terus mewaspadai masalah misinformasi yang menyatakan bahwa vaksinasi ini adalah bentuk konspirasi. “Vaksinasi yang kami lakukan salah satunya, sebagai upaya untuk menangkal hoax terkait vaksin haram dan tidak aman untuk kesehatan serta mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menetralisir, mengklarifikasi, dan mensosialisasikan. Jika pemerintah tidak ada niatan untuk membahayakan atau menyakiti masyarakat, justru sebaliknya pemerintah ingin memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Disamping itu mitra kita juga untuk membantu meluruskan informasi yang berkembang karna banyak pihak yang memprovokasi tidak mensukseskan kegiatan vaksinasi,” tegasnya.

Melanjutkan kunjungannya, Kepala BNPT berserta rombongan yang di dampingi oleh Bupati Malang meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang. Tidak hanya menyapa warga yang sedang melakukan vaksinasi, Bupati dan Kepala BNPT juga membagikan sembako yang diserahkan langsung secara simbolis kepada warga korban teroris.

Meneruskan perjalanannya Bupati Malang dan Kepala BNPT serta rombongan mengunjungi tempat yang sudah di resmikan sebagai Kantor Sekretarian Kawasan Khusus Terpadu Nusantara  (KKTN) yang masih dengan tempat yang sama di Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

 

 

Pewarta: Wildan Agta
Editor: Ubaidhillah 

    Kanal Terkait