SATUKANAL.COM
BERITA

Kenalkan Seluk Beluk Kopi, Aku Kuliner Indonesia Ajak Berpetualang Ke Kebun Kopi

Satuchannel.com, Kabupaten Malang – Guna mengenalkan ke masyarakat terkait potensi kopi di Malang Raya khususnya di Karangploso, Kabupaten Malang. Aku Kuliner Indonesia bekerjasama dengan Kopi Karlos menyelenggarakan festival kopi yang bertajuk ‘Coffee Trip Education’ pada Minggu (17/9).

Dihadiri oleh Joko Soemarno dari Pusat Penelitian (Puslit) Kopi Dan Kakau Indonesia atau Indonésia Coffee and Cacau Research (ICCR), para pelaku usaha kopi baik barista, maupun petani kopi di sekitar Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Coffee Trip Education kenalkan potensi kopi Arabika Malang (Aris)

Ketua Panitia Dian Lestari, mengatakan acara ini sebagai upaya untuk mengenalkan sekaligus mengedukasi masyarakat khususnya para pecinta kopi dan petani kopi.

Dimulai dengan perjalanan ke kebun kopi, 22 peserta diajak bagaimana mengetahui tanaman kopi dan seluk beluknya. Di kebun, mereka dapat berinteraksi dengan petani kopi secara langsung.

Peserta jelajahi kebun kopi (Aris)

“Di kebun kopi, para petani dan peserta juga akan diberikan pengetahuan mengenai seluk kopi yang bagus dan pengolahannya oleh ahli kopi dari Puslit Pak Joko (Joko Soemarno, red),” ujar Dian.

Setelah ‘trip’ ke kebun kopi, peserta yang sebagian besar penikmat kopi, barista, dan pelaku usaha kedai kopi ini diajak untuk melihat proses pengolahan kopi mulai dari biji mentah hingga ke minuman yang siap disantap.

Peserta mendapat penjelasan dari petani dan ahli kopi (Aris)

Materi mengenai cupping atau uji kualitas kopi, pengolahan, dan penyajian diberikan oleh para pemateri ahli kopi atau barista dari kedai kopi di Malang seperti Alore Coffee, Kedai Joni, Rich Coffee, dan After Taste.

“Ya supaya dapat saling berbagai pengetahuan. Yang sebelumnya belum tahu apa itu kopi, dari sini peserta menjadi lebih tahu dan menghargai proses kopi dari petani hingga ke penjualannya,” tutur Dian.

Kanal Terkait