SATUKANAL.COM
BERITA

Kenalan Yuk sama Kapal Pesiar Ramah Lingkungan Ini

Maraknya kampanye dan aktivitas lingkungan kini semakin memberikan kesadaran akan peduli lingkungan bagi benak perseorangan maupun masyarakat.

Bahkan hal itu juga mulai merambah ke pasar perusahaan. Mulai banyak pengusaha yang membangun atau membuat produk yang ramah lingkungan. Mulai dari fashion baju, sepatu, tas, dan masih banyak lainnya.

Seakan tidak mau kalah, bidang transportasi juga turut mengusung misi peduli terhadap lingkungan. Ya, transportasi air supermewah ‘kapal pesiar ramah lingkungan’ hadir dengan nuansa yang berbeda.

Silent-Yachts, produsen yang memproduksi surya-listrik pertama dan satu-satunya di dunia, telah meluncurkan kapal pesiar superbaru yang ramah lingkungan. Bagaimana tidak. Kapal ini sepenuhnya bertenaga surya dan bergerak dalam keheningan murni.

Silent 80 memang tampak layaknya kapal mewah pesiar yang cantik. Namun, dalam produksinya kapal ini menggunakan propulsi listrik sunyi dan memiliki jangkauan tanpa batas bahkan tidak mengeluarkan suara atau asap dan getaran minimal.

Yang paling mengesankan, kapal pesiar ini juga memakai 70 panel surya, motor listrik, dan baterai lithium yang sama dengan mobil listrik Tesla. Panel surya tersebut memiliki garansi 25 tahun. Sedangkan garansi baterai 10 tahun.

Kapal pesiar sepanjang 24 meter ini dapat menampung hingga sepuluh penumpang di lima kabin. Kapal ini juga tidak memerlukan ruang mesin diesel dan tangki bahan bakar.

Dilansir dari berbagai sumber, desainer dari Silent 80 Marco Casali mengatakan, kapal yang sepenuhnya mandiri itu dapat menempuh jarak yang tidak terbatas. Kapal ini hanya berlabuh untuk mencari makanan, minuman, dan persediaan lainnya.

Kapal pesiar ini dibuat menggunakan resin kantong hampa udara yang dapat mencapai kecepatan tertinggi 18 knot atau 33 kph. Pada 7 knot, Silent 80 dapat menempuh perjalanan dalam keheningan total dan pada kisaran 100 nm per hari.

Ketika langit mulai gelap, akan ada generator diesel cadangan yang dapat memberi daya pada kapal itu sendiri. Dan itu juga yang dapat digunakan mengisi baterai lithium untuk menjaga penggunaan bahan bakar secara minima.

Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk memilikinya? Kapal pesiar Silent 80 ramah lingkungan ini dibanderol dengan harga US$ 5 juta.

Kanal Terkait