Kemensos Gandeng UMM Guna Wujudkan Program 5000 Desa Sejahtera Mandiri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kemensos Gandeng Perguruan Tinggi suksès kan program (Gugum)
BERITA

Kemensos Gandeng UMM Guna Wujudkan Program 5000 Desa Sejahtera Mandiri

Satuchannel.com, Kota Malang – Terkait program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) untuk membangun 5000 Desa sejahtera mandiri, salah satu upaya Kementerian Sosial (Kemensos) adalah bermitra melalui Perguruan-perguruan tinggi di Indonesia. Dalam hal ini, Kemensos mulai bermitra dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sembari meresmikan pelepasan KKN ke-30, rabu (19/7).

Bertempat di Dome UMM, adapun hadir Mensos, Dra. Khofifah Indah Parawansah, M.Si bersama Rektor UMM, Drs. Fauzan Mpd untuk meresmikan pelepasan 5151 mahasiswa UMM ke 170 desa di Jawa Timur (Jatim). Pun Kemensos memberikan bantuan sebesar 450 juta kepada desa sejahtera mandiri binaan UMM di Kabupaten Malang.

Baca Juga :  Hari Lanjut Usia Nasional, Momentum Untuk Mengapresiasi Para Lansia di Indonesia

Khofifah berharap, para mahasiswa yang turun KKN nanti bisa bermanfaat sesuai dengan bidang kemampuannya masing-masing. Bidang itu bisa meliputi program agama, sosial, budaya, pendidikan, dan kesehatan bagi perkembangan desa yang dituju para mahasiswa.

Kemensos saat berada di UMM (Gugum)

“Ketika kalian datang, kalian harus memberi manfaat. Bagi anak-anak Fakultas Kedokteran, kalian hrus menyoroti gizi masyarakat desa. Untuk seluruh mahasiswa semua jurusan, jika Ada indikasi intoleransi, kalian harus bisa mnyampaikan pesan-pesan perdamaian,” pesan Khofifah saat memberikan sambutan kedepan ribuan mahasiswa.

Ia juga menceritakan sosok pendiri Muhammadiyah, KH. Ahmad Dahlan dan Pendiri NU, KH Hasyim Asyari untuk dicontoh atas keteladanannya. Bagi Khofifah, mahasiswa harus turun gunung memberikan manfaat kepada masyarakat seperti 2 tokoh tersebut.

Baca Juga :  Hari Lanjut Usia Nasional, Momentum Untuk Mengapresiasi Para Lansia di Indonesia

“Contohlah seperti mereka bagi mahasiswa yg sekarang akan turun gunung. Aplikasikan ilmu kalian dan berikan manfaat yang seluas-luasnya,” tuturnya.

Sejalan dengan hal itu, Rektor UMM, Fauzan pun berharap agar mahasiswanya bisa menjadi penggerak desa. Menurutnya, para mahasiswa harus bisa menebar harum dengan menciptakan situasi damai.

“Semoga kalian bisa memberikan manfaat, sehingga masyarakat desa bisa belajar dari kalian guna menciptakan desa sejahtera mandiri,” tegas Fauzan. (GUM)

Kanal Terkait