Kemenparekraf Diskusi Tentang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Batu - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kemenparekraf Diskusi Tentang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Batu
Acara dikusi Kemenparekraf dengan Pemkot Batu (Foto: Humas Pemkot Batu)
BERITA Kanal Straight

Kemenparekraf Diskusi Tentang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Batu

Satukanal.com, Malang– Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Batu terus didorong untuk tetap berinovasi menghasilkan produk-produk kreatif yang diminati pasar,.

Hal tersebut juga untuk menggerakkan perekonomian masyarakat, meskipun di situasi pandemi seperti ini. Apalagi masyarakat di kota ini telah erat dengan citra wisatanya. Banyak sekali destinasi yang telah menjadi tumpuan hidup warga sekitar.

Karena itu, perlu adanya sinergi dan perbincangan antara Kemenparekraf dan Pemerintah Kota Batu dengan pelaku Industri Parekraf yang dikemas dalam : D’Kraf (Diskusi Kreatif) Bareng Bang Sandiaga (Sandiaga Uno) dan Bude (Dewanti Rumpoko).

Dengan tema “Sinergi Peran Kemenparekraf dalam Kebangkitan Ekonomi Kota Wisata Batu”, menghadirkan Inisiator Joko Dwitanto (Ketua Umum OK OCE INA Makmur) dan Iim Rusyamsi (Ketua Umum OK OCE Indonesia) serta dipandu moderator Fakhira Isma (Raka Raki Jatim 2020).

Baca Juga :  Bumil Kini Jadi Prioritas Penerima Vaksinasi Pencegahan Covid-19

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko memulai acara ini dengan menjelaskan kondisi perekonomian dan pariwisata di Kota Batu. Dia kemudian menjelaskan bagaimana dampak wabah pandemi Covid-19 terhadap sektor Pariwisata.

Dewanti berharap Kemenparekraf dapat memberikan bantuan seperti tambahan vaksinasi, program bansos pelaku dan karyawan pariwisata dan ekraf. Kemudahan sertifikasi Clean, Healthy, Safety, Environment (CHSE) untuk usaha dan peningkatan SDM melalui sertifikasi, serta bantuan promosi dan pemasaran pariwisata serta ekraf Kota batu di tingkat nasional.

“Apa yang bisa kami lakukan agar bisa mengembalikan perekonomian di Kota Batu seperti sedia kala?,” Tanya Dewanti.

Baca Juga :  PPKM Kabupaten Kediri Turun ke Level 3, PTM Siap Digelar

Sementara itu, pelaku wisata Kota Batu memberikan masukan kepada Kemenparekraf melalui diskusi ini. Mulai dari PHRI yang mengajak Sandiaga Uno untuk berkantor di Kota Batu.

Ia berharap Kota Wisata Batu bisa mengambil bagian dalam Pilot Project Wisata Berbasis Vaksin. Sedangkan GeKrafs menyarankan untuk regulasi akses informasi kerjasama swasta dan pemerintah serta promosi produk lokal.

Di sisi lain HPI berharap Kemenparekraf menyusun SOP untuk kesiapan jika terjadi bencana seperti pandemi, penganggaran Pokdarwis dari Pemerintah pusat serta MOU untuk melibatkan pariwisata lokal jika ada Kunjungan dinas.

Menanggapi pertanyaan dan saran tersebut, Kemenparekraf menjelaskan bahwa diskusi kali ini akan diteruskan dengan pembahasan lebih lanjut.

 

 

Pewarta  : Wildan Agta
Editor : Adinda

    Kanal Terkait