Kemendikbud Sukses Gelar KRI 2020, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Raih Juara Umum - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kemendikbud Gelar KRI 2020, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Raih Juara Umum
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Kemendikbud Sukses Gelar KRI 2020, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Raih Juara Umum

SATUKANAL.com, NASIONAL – Sukses gelar acara Kontes Robot Indonesia (KRI) tahun 2020. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bersama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) selenggarakan KRI secara daring ditengah pandemi Covid-19.

Pada gelaran acara KRI yang diselenggarakan ditanggal 16 sampai dengan 22 November 2020. Diikuti oleh 150 tim yang berasal dari 68 perguruan tinggi. kompetisi KRI ini di kelompokan menjadi enam divisi yaitu, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia, Kontes Robot Tematik Indonesia, dan Kontes Robot Abu Indonesia.

Kontes Robot Indonesia digelar guna menciptakan suatu trobosan baru dari segi teknologi robotika yang bermanfaat untuk memajukan peradaban masyarakat Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, pada acara tersebut berharap agar kontes robot ini menjadi suatu wadah bagi setiap mahasiswa untuk dapat menyalurkan ide, kreativitas serta inovasinya.

Perkembangan dalam bidang teknologi merupakan suatu inovasi yang sangat diperlukan guna menyelesaikan berbagai permasalahan dan tantangan kehidupan di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan informasi. Sehingga dengan terselenggaranya acara ini dapat mewadahi berbagai kreativitas dari pemuda Indonesia guna meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia agar dapat mengikuti segala perkembangan teknologi.

Pada sambutannya, Nadiem menyampaikan rasa bangga kepada mahasiswa yang mengikuti gelaran acara tersebut. “Saya mengucapkan selamat kepada teman-teman mahasiwa yang telah berhasil merancang dan menyelesaikan robotnya. Janganlah cepat puas diri, tetaplah semangat, berkarya dan berkontribusi dalam mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul bagi bangsa Indonesia.” ujarnya.

Baca Juga :  Ikan Kakatua, Ikan Cantik Yang Disebut Tak Boleh Dikonsumsi. Ini Alasannya

Perkembangan teknologi robot merupakan suatu inovasi yang nantinya akan membantu kehidupan sehari-hari. Seperti robot pemadam api yang dapat membantu ketika ada tempat yang mengalami kebakaran atau robot seni tari, yang nantinya dapat berkontribusi dalam melestarikan beberapa tarian tradisional maupun tarian modern karya Indonesia.

Pada KRI tahun 2020 ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember berhasil meraih juara umum. Dengan memenangkan setiap kategori KRI yang diperlombakan seperti, pada kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda raih juara pertama dan desain terbaik, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid kategori lari raih juara ketiga, Kategori lomba Robot mengiring bola raih juara kedua, Lomba kerja sama robot raih juara kedua, Kontes Robot Seni Tari Indonesia raih juara kedua, Kontes Robot Tematik Indonesia raih juara untuk kriteria praktis dan aman, Selanjutnya Kontes Robot Abu Indonesia raih juara pertama dan strategi terbaik.

Sedangkan pada kategori kontes Robot Pemadam Api Indonesia, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya meraih juara pertama dan desain terbaik, juara kedua diraih oleh Universitas Semarang, Universitas Jember meraih juara ketiga, dan Universitas Muhammadiyah Malang meraih juara harapan serta strategi terbaik.

Selain itu pada kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda, juara kedua serta strategi terbaik diraih oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, juara ketiga diraih oleh Universitas Negeri Yogyakarta, dan juara harapan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Selanjutnya pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid kategori lari juara pertama diraih oleh Politeknik Negeri Batam, Universitas Teknokrat Indonesia juara kedua, serta Politeknik Elektronika Negeri Surabaya meraih juara harapan.

Baca Juga :  6 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Kebijakan Cuti Bersama di Tahun 2021

Kategori lomba Robot mengiring bola juara pertama diraih oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, juara ketiga diraih oleh Universitas Teknokrat Indonesia, serta juara harapan diraih oleh Politeknik Negeri Batam.

Lomba kerja sama robot, Politeknik Negeri Batam meraih juara pertama, Universitas Ahmad Dahlan meraih juara ketiga. Pada Kontes Robot Seni Tari Indonesia, juara pertama untuk desain dan artistik terbaik diraih oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, juara ketiga diraih oleh Universitas Gadjah Mada, dan juara harapan diraih oleh Universitas Ahmad Dahlan.

Kontes Robot Tematik Indonesia untuk kriteria gerakan pasien minimal diraih oleh Politeknik Negeri Jember, juara untuk kriteria mekanisme kompak diraih oleh Universitas Indonesia.

Selanjutnya Kontes Robot Abu Indonesia, juara kedua dan desain terbaik diraih oleh Universitas Jember, juara ketiga diraih oleh Universitas Negeri Yogyakarta, serta juara harapan diraih oleh Politeknik Negeri Malang.

Asep Sukmayadi selaku Kepala Puspresnas Kemendikbud menjelaskan bahwa, kontes yang dilangsungkan dimasa pandemi Covid-19 ini bertujuan agar para mahasiswa dapat tetap berinovasi dan kreatif. Ia juga mengatakan bahwa, ajang ini bertujuan agar mahasiswa mahasiswa dapat menyalurkan idenya menjadi suatu karya. “tentu saja memberikan pengalaman yang berharga untuk menjadi pemimpin-pemimpin di bidang robotika, alhamdulilah berkat support dari ITB dan juga adaptasi yang sangat kuat dari tim juri dan kontestan KRI, alhamdulillah bisa dilaksanakan dengan baik” ujarnya.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait