Kemendikbud Buka Pendaftaran Beasiswa Kualifikasi S-2 2020 Untuk Guru | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kemendikbud Buka Pendaftaran Beasiswa Kualifikasi S-2 2020 Untuk Guru
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Kemendikbud Buka Pendaftaran Beasiswa Kualifikasi S-2 2020 Untuk Guru

SATUKANAL.com, NASIONALKementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkolaborasi dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Keuangan RI membuka pendaftaran Program Beasiswa Pendidik 2020 untuk Guru. Hal tersebut diatur dalam Surat Edaran Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5242/B2/GT/2020 prihal Program Beasiswa Kualifikasi S-2 bagi Guru dan Pendidik.

Persyaratan, ketentuan dan Jadwal pendaftaran Program Beasiswa Kualifikasi S-2 bagi Guru dan Pendidik, tertuang dalam lampiran surat Direktur Beasiswa, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia Nomor S-873/LPDP.4/2020.

Pendaftaran Program Beasiswa Kualifikasi S-2 bagi Guru dan Pendidikan dimulai pada 21 Oktober sampai 6 November 2020. Adapun hasil seleksi diumumkan pada 4 Desember 2020. Ketentuan prihal persyaratan umum dalam pendaftaran antara lain :

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister dengan ketentuan sebagai berikut: Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, atau Perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal perguruan tinggi
  3. Melampirkan surat rekomendasi sebagai berikut: Surat Rekomendasi dari akademisi dan dari atasan bagi yang sudah bekerja, Surat Rekomendasi dari 2 (dua) akademisi bagi yang belum bekerja.
  4. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas- kelas sebagai berikut: Kelas Eksekutif, Kelas Khusus, Kelas Karyawan, Kelas Jarak Jauh, Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk, Kelas Internasional khusus tujuan Dalam Negeri, Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 negara perguruan tinggi atau Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP
  5. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online.
  6. Menulis personal statement.
  7. Menulis komitmen kontribusi ke Instansi asal pasca studi.
  8. Menulis rencana studi untuk magister.
Baca Juga :  Tahun 2021 Kemendikbud Naikkan Anggaran Perguran Tinggi Sebesar 70%

Beasiswa ini diperuntutkan bagi para Guru Pendidikan Formal yang ada di jenjang TK, SD, SMP, SMK atau SMK dan Guru pada Pendidikan non Formal pada KB, TPA, SPS, Tutor Paket A, Tutor Paket B, Tutor Paket C, Pamong Belajar atau Tutor Pendidikan Keaksaraan.

Seleksi administrasi yang dilakukan oleh Kemendikbud meliputi pemeriksaan kelengkapan dan kesesuaian dokumen dengan persyaratan pendaftaran beasiswa. LPDP melakukan verifikasi keaslian sertifikat bahasa yang memenuhi persyaratan. Hasil seleksi administrasi dilengkapi dengan surat rekomendasi dari Kemendikbud serta dikirimkan secara resmi ke LPDP untuk seleksi tahapan selanjutnya.

Baca Juga :  Kemendikbud Gelar Acara Penyusunan URK DAK Untuk Tahun Anggaran 2021

Informasi lengkap seputar syarat hingga pendaftaran beasiswa ini dapat dilihat di laman :

https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/program-beasiswa-kualifikasi-s2-bagi-guru-dan-pendidik

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait