Kemendagri Uji Coba e-KTP Digital Berupa QR Code di 50 Wilayah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
KTP NFT
Kartu tanda penduduk (KTP) (Foto: Naviska/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Kemendagri Uji Coba e-KTP Digital Berupa QR Code di 50 Wilayah

Satukanal.comNasional – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan uji coba penerapan e-KTP berbentuk digital yang memiliki QR code. Nantinya e-KTP tidak lagi berbentuk fisik, namun digital yang dapat disimpan di handphone masyarakat.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan warga cukup menunjukkan QR Code saat butuh data kependudukan. Kode itu menyimpan data kependudukan yang selama ini tercantum di e-KTP.

“Tidak lagi dicetak seperti sekarang, tetapi langsung disimpan ke HP penduduk. Nanti ada foto KTP-el dan QR Code,” ujar Zudan dilansir dari laman cnnindonesia.

Baca Juga :  Resep Viral Sup Telur, Cocok Untuk Anak Kos yang Minim Budget!

Sementara, uji coba tersebut telah dilakukan di 50 kabupaten/kota. “Misal yang saya ingat itu Salatiga, Dompu, Kota Bima, Kota Bandung,” jelasnya.

Zudan menyampaikan e-KTP berbentuk digital akan memudahkan masyarakat apabila kehilangan kartu identitas. Nantinya masyarakat cukup menunjukkan QR code untuk pembuktian identitas dan verifikasi data.

“Tidak ada lagi konsep KTP-el hilang. KTP-elnya di digitalkan dalam HP dan ada QR codenya. Kalau HP hilang, ikut hilang itu identitas digitalnya. Nanti minta lagi ke dukcapil dikirim ke nomor HP yang baru,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemeran Video Syur Mirip Nagita Slavina Diduga Bernama Miss Kay

E-KTP berbentuk QR Code mempercepat proses pelayanan publik yang membutuhkan data penduduk. Selain itu, identitas digital juga diklaim lebih aman.

Identitas digital juga telah diintegrasikan dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dan diterbitkan melalui pelayanan adminduk dan pelayanan pengguna secara daring.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait