Kemenag Kota Malang Imbau Warga Potong Hewan Kurban di RPH - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA Kanal Straight

Kemenag Kota Malang Imbau Warga Potong Hewan Kurban di RPH

Satukanal.com, Malang – Kemenag Kota Malang mengimbau kepada warga untuk melakukan penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan meniadakan arak-arakan saat Idul Adha tahun 1442 H atau tahun 2021 ini.

Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kota Malang, Moh Rosyad menjelaskan, imbauan ini diberikan untuk menghindari kerumunan di lokasi pelaksanaan kurban, dan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijah.

“Mengingat keterbatasan jumlah dan kapasitas RPH-R, maka pemotongan hewan kurban dapat dilakukan di luar RPH-R dengan penerapan prokes Covid-19 yang ketat. Serta melarang kehadiran pihak-pihak selain petugas pemotongan hewan kurban,” imbuhnya.

Dia juga menjelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Perusahaan Umum Daerah Tugu Aneka Usaha (Perumda Tunas) Kota Malang dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini.

Baca Juga :  Sekolah Tatap Muka di Kota Malang Belum Menyeluruh

“Adapun tentang Tarif Bea Potong dan Biaya Pemrosesan Hewan Kurban, Perumda Tugu Aneka Usaha Kota Malang telah menerbitkan Peraturan Direktur Nomor 3 Tahun 2021,” jelasnya.

Sementara itu, Dewan Pengawas Perumda Tunas yang bertindak selaku direktur, Elfiatur Roikhah, menjelaskan bahwa pihaknya sejak tahun lalu memberikan layanan penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang dimiliki Perumda Tunas.

“Layanan yang disediakan meliputi penyediaan hewan kurban, baik sapi maupun kambing, pemotongan dan pengulitan, belah karkas dan butchering, penimbangan dan pengemasan serta pengantaran. Dengan layanan ini, pihak yang berkurban atau shohibul kurban ataupun panitia kurban dapat memilih apakah hanya memotongkan hewan kurban atau terima bersih,” katanya.

Dia menambahkan, mulai dari pemotongan, pengulitan, hingga pengemasan per kilonya akan dilakukan di RPH. Tidak hanya itu, di RPH nantinya hewan kurban akan diproses sesuai syariah dan standard kesehatan di bawah pengawasan dokter hewan.

Baca Juga :  Sutiaji Harapkan Mall di Malang Segera Dapat Dibuka

“Kami memiliki fasilitas dan peralatan yang cukup modern seperti gergaji mesin, ruang deboning dan butchering di suhu 12 derajat celcius, fasilitas air blast dan truck cold storage untuk pengiriman. Semua ini dibutuhkan untuk menjaga kualitas daging yang akan didistribusikan,” bebernya.

Namun berkaitan dengan mencukupi atau tidaknya fasilitas RPH untuk pelayanan seluruh kegiatan pemotongan hewan kurban di Kota Malang, Elfi menjelaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Kantor Kemenag Kota Malang.

“Hal itu mengingat keterbatasan ruang pemotongan dan harus dengan prosedur kesehatan yang diberlakukan secara ketat,” pungkas Elfi

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor: Ubaidhillah

    Kanal Terkait