Kemenag Dapat Dana Rp 5 Triliun, Alokasikan Untuk Subsidi Pembelajaran Jarah Jauh - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kemenag Dapat Dana Rp 5 Triliun, Alokasikan Untuk Subsidi Pembelajaran Jarah Jauh
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Kemenag Dapat Dana Rp 5 Triliun, Alokasikan Untuk Subsidi Pembelajaran Jarah Jauh

SATUKANAL.com, NASIONAL– Kementerian  Agama (Kemenag) mendapatkan tambahan anggaran Rp 5,79 triliun dari Komite Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bantuan ini dikhususkan dalam bidang pendidikan yang dapat disaluran untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar.

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan bahwa program PEN dalam bidang pendikan Kemenag sudah mendapatkan dana yakni sebesar Rp 5,7 triliun.

Menurutnya, dana tersebut dapat dialokasikan untuk subsidi pembelajaran jarak jauh di madrasah, subsidi kuta internet untuk mahasiswa, bantuan perasional untuk pendidikan keagamaan Islam dan pesantren, madrasah diniyah takmiliyah dan lembaga pendidikan Al-qur’an.

“Anggaran tersebut juga dialokasikan untuk bantuan daring untuk pondok pesantren dan bantuan untuk guru RA, madrasah dan guru pendidikan agama Islam,” katanya pada konferensi pers di Istana Presiden, Rabu (25/11)

Kemenag juga menyampaikan bahwa pihaknya akan memberikan bantuan untuk internet bagi siswa, mahasiswa dan guru.

“Untuk pendidikan Islam, katanya, dialokasikan Rp1,15 triliun untuk 9,9 juta siswa madrasah, lalu Rp987 miliar untuk 1 juta lebih mahasiswa. Dia menjelaskan, bantuan kuota internet itu akan diberikan selama 3 bulan.,” lanjutnya menjelaskan.

Sementara itu, untuk 2020 perguruan tinggi keagamaan Kristen swasta juga dialokasikan dana Rp 3 miliar. Kemudian di Diretorat Bimas Budha diberikan Rp 316 juta untuk 1441  mahasiswa dan 139 dosen.

Selain itu, Direktorat Bimas Hindu juga dianggarkan Rp 1 miliar untuk seluruh guru dan pendidikan tinggi keagamaan Hindu.

 

 

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait