Kemarau Pengunjung, Pemasukan BNS Tak Berimbang Operasional - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kemarau Pengunjung, Pemasukan BNS Tak Berimbang Operasional
Batu Night Spectacular saat malam hari (Foto: Wildan Agta/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Pesona

Kemarau Pengunjung, Pemasukan BNS Tak Berimbang Operasional

Satukanal.com, Batu – Lenggangnya destinasi wisata andalan Kota Batu, Batu Night Spectacular (BNS) menyebabkan tak berimbangnya biaya operasional dengan pemasukan. Hal tersebut diakui secara langsung oleh Operation Manager BNS, Harry Cahyono Jumat (11/6/2021).

Menurutnya, biaya operasional masih belum tercukupi, mengingat wisatawan yang masih rendah tingkat kunjungannya. Di hari biasa, hanya ada kurang lebih 400 pengunjung saja. Sedangkan pada weekend kondisi membaik hingga kisaran 500 sampai 750 pelancong.

“Karena itu, mulai awal Juni kemarin kami coba buka setiap hari. Jika konsisten hari biasa 500 orang saja biaya operasional akan tertutup,” jelasnya. Kelonggaran juga didapatkan lantaran jam malam yang sudah mulai longgar hingga pukul 23.00 WIB.

Baca Juga :  Duh, Pengrajin Tempe di Batu Terseok-seok Diterpa Badai Harga Kedelai

Pihak pengelola sempat menutup destinasi wisata. Kerugian karena tidak adanya pengunjung dan minimnya jam operasional jadi alasan. Harry menjelaskan lebih baik tutup dari pada terlalu mengeluarkan biaya operasional sementara nihil pemasukan.

Wahana bermain dan lampu menjadi titik pengeluaran tertinggi BNS. Karena tema wisata malam hari yang menonjolkan lampu-lampu indah. Per 100 meter lampu LED bisa memakan biaya hingga Rp 1.750.000 setiap bulannya. Belum lagi keseluruhan lampu yang berjumlah hingga ribuan.

Namun, untungnya selama ini dia bisa menekan biaya pengeluaran. Caranya dengan efektif dalam perawatan wahana permainan dan maintenance lain. “Jika ada alat yang tidak perlu urgent dalam pembenahan bisa kami tunda dulu sampai akhirnya bisa dibetulkan. Untuk yang tidak bisa ditunda maka akan langsung dieksekusi” jelasnya.

Baca Juga :  Rohjoyo dan Baloga Market Gait Antusias Pengunjung

Ada beberapa wahana favorit yang berada di BNS seperti lampion garden, drop twist tower dan aero tes. Pengunjung sangat menikmati wisata, lantaran kebosanan yang sudah lama dirasakan. Harry berharap agar situasi bisa kembali membaik, karena jumlah pengunjung sangat mempengaruhi biaya operasional.

 

 

Pewarta : Wildan Agta
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait