Kehabisan Surat Suara DPR, Jabung Bakal Gelar Pemungutan Suara Lanjutan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Kehabisan Surat Suara DPR, Jabung Bakal Gelar Pemungutan Suara Lanjutan

 Meski saat ini agenda pesta demokrasi memasuki tahap rekapitulasi penghitungan suara, ada satu TPS (tempat pemungutan suara) di Kabupaten Malang yang diagendakan melakukan pemungutan suara lanjutan. Rencananya agenda tersebut bakal berlangsung besok Sabtu (27/4/2019).

“Pemungutan suara lanjutan ini hanya dilakukan di TPS 26 yang berada di Desa Kemantren, Kecamatan Jabung. Hal ini dikarenakan saat masa pencoblosan 17 April lalu, surat suara untuk DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) RI habis. Jadi, terpaksa kami agendakan untuk melakukan pemungutan suara lanjutan. Hanya untuk surat suara DPR RI,” kata Santoko, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang.

Guna merealisasi hal ini, Santoko mengaku sudah berkoordinasi dengan beberapa pihak. Termasuk Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Malang.

Dalam rapat terkait persiapan pemungutan suara lanjutan di Jabubg, telah disepakati beberapa poin penting. Salah satunya memberi rekomendasi terhadap PPK (Panitia Pemungutan Kecamatan) Jabung agar memfasilitasi calon pemilih yang sudah mengisi C7 dan menyertakan C6 kepada petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) pada 17 April lalu.

“Terdapat 60 calon pemilih yang terdaftar dalam pemungutan suara lanjutan. Yakni 58 DPT (daftar pemilih tetap) dan dua DPK (daftar pemilih khusus),” terang Santoko, Jumat (26/4/2019).

Terpisah, Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Malang George da Silva mengatakan, sesuai peraturan yang berlaku, pemungutan suara lanjutan memang boleh dilakukan jika memiliki alasan dan pertimbangan yang kuat. Sedangkan  penyelenggaraannya harus diadakan minimal sepuluh hari setelah pencoblosan.

“Saat ini kami masih melakukan monitoring persiapan di Jabung. Terkait surat suara, sudah kami siapkan untuk besok. Selain itu, C1 dan C6 sudah dibagikan tadi pagi,” kata George kepada Kami, Jumat (26/4/2019) sore.

Bawaslu menambahkan, realisasi pelaksanaan pemungutan suara lanjutan nantinya hanya dibatasi hingga pukul 24.00. Pertimbangannya, pasca-pencoblosan para penyelenggara tentunya bakal sibuk. Praktis petugas hanya bisa beristirahat saat jeda jam makan dan ibadah. Sehingga tidak bisa dipungkiri jika faktor kelelahan membuat petugas penyelenggara memutuskan untuk melakukan pembatasan jam pelaksananan pemungutan suara lanjutan di Kecamatan Jabung tersebut.

Selain itu, faktor keterbatasan jumlah anggota menjadi pertimbangan selanjutnya. Dikabarkan, setelah pesta demokrasi digelar, ada anggota Bawaslu Kabupaten Malang yang sakit karena kelelahan.

“Kebijakan pembatasan waktu ini bertujuan untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah korban. Informasi sementara, petugas kami (Bawaslu) sudah ada lima orang yang sakit karena kelelahan selama bertugas,” pungkasnya.

Kanal Terkait