Satgas Covid-19 Beri Lampu Hijau Kegiatan Posyandu Berkapasitas 100% - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jubir Satgas Covid-19 Imbau Masyarakat Bawa Surat Bukti Vaksin, Antisipasi PeduliLindungi Error
uru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Foto: Dokumentasi Satgas Covid-19)
BERITA Kanal Artikel Kanal Highlight

Satgas Covid-19 Beri Lampu Hijau Kegiatan Posyandu Berkapasitas 100%

Satukanal.com, Nasional – Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi Covid-19, kegiatan operasional posyandu dapat dilakukan dengan kapasitas 100% sebagai bagian dari upaya pelayanan kesehatan esensial kepada masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yang telah menerbitkan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 57 Tahun 2021 dan Surat Edaran Satgas Nomor 22 Tahun 2021 sebagai dasar hukum penyesuaian pengaturan PPKM dan berserta mobilitasnya.

Dalam acara konferensi pers virtual tentang “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia” pada Selasa (2/11/2021), selain perubahan kegiatan operasional posyandu, Wiku juga mengatakan terdapat kegiatan lain yang turut mengalami penyesuaian. Penyesuaian tersebut mengatur tentang tiga hal, di antaranya:

  • Pelaksanaan kegiatan posyandu,
  • Transportasi,
  • Developmental Basketball League (DBL).

Untuk diketahui, kegiatan posyandu dapat dilakukan dengan kapasitas 100%. Selanjutnya, pengaturan mobilitas masyarakat yaitu bagi pelaku perjalanan juga terdapat perubahan aturan. Seperti persyaratan terbaru yang wajib dipenuhi para penumpang pesawat udara yang keluar atau masuk wilayah Jawa dan Bali diantarannya:

  • Wajib menunjukkan bukti vaksin Covid-19,
  • Penumpang yang telah divaksin lengkap dua dosis wajib menunjukan hasil negatif antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan,
  • Penumpang yang baru menerima satu dosis vaksin wajib menunjukan hasil negatif RT-PCR maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.
Baca Juga :  Temuan Kecurangan CPNS di Kemenkumham, Hasil SKD Diundur

Selanjutnya untuk pesawat udara yang terbang antar wilayah Jawa dan Bali diwajibkan:

  • Menunjukkan bukti vaksin Covid-19,
  • Penumpang yang telah divaksin lengkap dua dosis wajib menunjukan hasil negatif antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan,
  • Penumpang yang baru menerima satu dosis vaksin wajib menunjukan hasil negatif RT-PCR maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Wiku juga menuturkan penyesuain untuk kompetisi Developmental Basketball League (DBL) yang diperluas pelaksanaannya ke beberapa wilayah, diantarannya:

  • Surabaya,
  • Bandung,
  • Yogyakarta,
  • Tangerang.

Nantinya akan dilakukan uji coba pertandingan semifinal dan final dengan menerima penonton langsung di stadion yang bertempat di Bandung dengan ketentuan hanya penonton dengan kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi dan yang mendapatkan undangan yang boleh masuk.

Baca Juga :  Viral! Hujan Guyur Satu Mobil di Cikarang, Ini Penjelasan BMKG

“Undangan yang boleh masuk dengan jumlah penonton maksimal 122 orang,” ujarnya.

Sebagai informasi, update informasi jumlah pasien virus corona atau Covid-19 di Indonesia yang tercatat hingga Rabu (3/11/2021). Jumlah kasus positif virus Covid-19 tercatat ada 801 penambahan dari sebelumnya 4.245.373 kasus.

Data tersebut dirilis dalam laman Peta Sebaran Covid, covid19.go.id, Rabu sore. Kini, total kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 4.246.174 sejak pertama terkonfirmasi pada 2 Maret 2020 silam. Kabar baiknya, ada sejumlah 814  pasien yang berhasil sembuh dari Covid-19.

Meski demikian, pemerintah meminta masyarakat memiliki tanggung jawab yang tinggi dan kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan. Karena untuk menekan wabah Covid-19, dimulai dari menekan angka penularan.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait