SATUKANAL.COM
Kediri Diguncang Gempa Sebanyak 7 Kali
Foto : Lokasi Gempa diambil dari Website BMKG
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Kediri Diguncang Gempa Sebanyak 7 Kali

SATUKANAL, KEDIRI – Gempa Swarm dengan kekuatan 2,5 SR, sebanyak 7 kali terjadi di wilayah Kediri.

Berdasarkan hasil monitoring dan analisis Stasiun Geofisika Nganjuk, gempa tersebut terjadi selama rentang waktu antara tanggal 05 Februari jam 10:33:56 WIB sampai dengan tanggal 06 Februari 2020 jam 05:46:02 WIB.

Gempa tersebut berada antara lintang : -7.77 LS s.d. -7.87 LS dan Bujur: 111.93 BT s.d. 111.99 BT. Dengan magnitudo antara 2,5 SR s.d. 3,3 SR dan kedalaman antara 5 km s.d. 11 km.

Jenis dan Mekanisme Gempa Bumi:
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalamannya, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal, yang diakibatkan oleh sesar lokal yang belum teridentifikasi.

Baca Juga :  Transformasi Teknologi dan Pertumbuhan Industri Kreatif di Indonesia

Berdasarkan magnitudo dan sebaran episenternya, gempa seperti ini disebut dengan gempa swarm yaitu gempa yang tidak didahului oleh gempa utama tetapi terjadi gempa secara berurutan dengan lokasi yang berdekatan (mengelompok) dan memiliki kekuatan magnitudo yang hampir sama.

Adi Sutrisno Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Kediri mengatakan gempa yang terjadi masuk dalam kategori gempa biasa, yang sering terjadi.

“Ini gempa biasa dan wajar alamiah, karena adanya pergerakan lempeng bumi di laut dangkal Australia dengan lempeng euro asia,” katanya.

Baca Juga :  Wakil Wali Kota Kediri Meninggal Dunia Sore Ini

Dengan adanya gempa tersebut lanjut Adi, masyarakat tidak perlu panik. Karena gempa yang terjadi tidaklah berbahaya.

“Masyarakat perlu waspada jika gempa tersebut terjadi diatas 5 SR. Kalau yang tadi terjadi masyarakat tidak perlu panik,” ungkapnya.

Adi menambahkan, masyarakat diharap tidak terbawa berita-berita yang tidak benar agar tidak ada kepanikan masal.

Pewarta : Muchlis Ubaidhillah

Editor : Heryanto

    Kanal Terkait