Kedatangan Kemenkominfo, UMKM Kota Malang Segera Go Online - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Kedatangan Kemenkominfo, UMKM Kota Malang Segera Go Online

Satuchannel.com, Kota Malang -Pemerintah Kota (Pemkot) Malang hari menerima tamu dari Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo), dalam rangka edukasi program “UMKM Go Online to One Million”, Kamis (6/7). Dua tamu ini yakni Bambang Tri Santoso, S.Sn, Rizki Amelia, SS., M.SI, dan Zainal A., Ph.D.

Melalui acara ini, Kota Malang berupaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi riil dengan meningkatkan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Tak hanya itu, Pemkot Malang berupaya meng-online-kan UMKM Kota Malang demi membangun ekonomi digital di Kota Malang.

Selain dihadiri oleh Wali Kota Malang, H Moch Anton dan jajaran kememtrian Kemenkominfo, hadir pula pengusaha bisnis online Tokopedia yakni Deo Nathaniel bersama Gatot Wahyu dari Komunitas Pahlawan Digital.

Baca Juga :  Sanusi Ingatkan Seluruh Camat Serius Dalam PPKM Darurat

“Kota Malang adalah penyuplai produk terbanyak di Tokopedia, dan UMKM yang sudah Go Online hanya 3%”, ujar Deo Nathaniel dalam pertemuan tersebut.

Ia juga menyebut Potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Malang memiliki daya tarik tersendiri bagi penyedia platform online. Maka itu, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Komunitas Digital serta Tokopedia bekerjasama mengadakan workshop edukasi bagi para UMKM Kota Malang untuk memasuki platform online.

Selain itu, acara tersebut mendapat sambutan baik dari pihak pemkot sendiri. Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Malang, Dr. Supranoto mengatakan bahwa acara ini sangat perlu untuk ditindaklanjuti kedepanya.

Baca Juga :  Imbas PPKM di Malang, Pedagang Makanan Merugi

“Program ini sangat perlu ditindaklanjuti, karena peningkatan UMKM jika tidak dibantu Pemerintah Kota maupun Pemerintah Pusat mereka akan tetap kembang kempis”, tuturnya.

Ia menambhakan jika hal itu memang diperlukan melihat dari jumlah 70.000 pengusaha di Kota Malang, 90% diantaranya adalah pengusaha micro.

Selain dihadiri oleh Wali Kota, Jajaran kementrian dan pengusaha online, acara yang digelar di Balai Kota Malang ini juga diikuti oleh Asisten Administrasi Perekonomian, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang. (Iqb)

Kanal Terkait