Keberangkatan Belum Pasti, 169 Calon Jemaah Haji Batu Jalani Vaksinasi Covid-19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Keberangkatan Belum Pasti, 169 Calon Jemaah Haji Batu Jalani Vaksinasi Covid-19
STRAIGHT NEWS

Keberangkatan Belum Pasti, 169 Calon Jemaah Haji Batu Jalani Vaksinasi Covid-19

SATUKANAL.com, BATU– Senin (29/03/2021), sebanyak 169 calon jemaah haji dari Kota batu melakukan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi Covid-19 ini dilakukan untuk mempersiapkan jamaah yang akan berangkat ke Tanah Suci. Meskipun, belum ada kepastian kapan keberangkaatan para jemaaah haji tersebut.

“Ibadah haji sejak tahun lalu harus tertunda karena pandemi covid-19. Kita khawatir pekan-pekan mendatang ada pengumuman pelaksanaan haji dibuka oleh Pemerintah Arab Saudi. Makanya calon jemaah haji ini didahulukan untuk lakukan vaksinasi ketimbang masyarakat lain,” jelas Nawawi selaku Kepala Kemenag Kota Batu.

Nawawi menyebut bahwa vaksinasi Covid-19 kali ini menjadi hal yang paling krusial dalam pemberangkatan jamaah. Vaksinasi ini, imbuhnya, dilakukan kepada mereka yang telah melunasi biaya ibadah haji atau gagal berangkat tahun lalu.

Baca Juga :  ODGJ Juga Akan Dapatkan Vaksinasi Covid-19

Lebih lajut, Nawawi mengatakan jika target vaksinasi calon jemaah haji ini harus diselesaikan bulan Maret ini sampai April nanti. “Calon jemaah yang divaksinasi adalah mereka yang sudah melunasi biaya ibadah haji dan gagal berangkat tahun lalu,” imbuhnya.

Menurutnya, calon jemaah yang di vaksin adalah yang persyaratannya telah ditempuh dan tinggal berangkat saja. Meski sampai saat ini Pemerintah Arab Saudi belum memberi kepastian terkait pemberangkatannya. “Meski sampai saat ini Pemerintah Arab Saudi belum memberi kepastian apa tahun ini dibuka atau tidak, yang jelas segala persiapannya sudah kami siapkan,” papar dia.

Baca Juga :  PPKM Mikro Sukses! Jatim Bebas Zona Merah, 16 Wilayah Zona Kuning

Nawawi juga mengatakan, sudah siap untuk menaati aturan yang diterapkan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk pelaksanaan haji. Misalnya, jika ada kuota terbatas.“Kalau tahun ini ternyata tidak ada pelaksanaan haji oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, ya kami persiapkan mental calon jemaah. Semua persiapan kami tempuh baik kesehatan jasmani maupun mental,” imbuhnya.

 

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait