Kaya Akan Nutrisi, Pamor Susu Kambing Etawa Makin Melejit Kala Pandemi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kaya Akan Nutrisi, Pamor Susu Kambing Etawa Makin Melejit Kala Pandemiwa Nan Kaya Nutrisi
Kambing Etawa, Kota Batu (Foto: Mandalika Naurah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Kaya Akan Nutrisi, Pamor Susu Kambing Etawa Makin Melejit Kala Pandemi

Satukanal.com, Batu – Dikenal sebagai penghasil susu sapi terbaik, nyatanya Switzerland-nya Indonesia ini juga punya susu Kambing Etawa yang tak kalah pamornya. Salah satu peternakan besarnya berada di Dusun Banaran, Desa Bumiaji, Kota Batu.

Peternakan Kambing Etawa milik Wahyu Eko Purwanto memiliki total 130 ekor kambing. 30 diantaranya merupakan kambing yang siap diperah. Sedangkan sisanya merupakan kambing anakan dan kambing yang masih dipersiapkan untuk bisa diproduksi susunya.

Tak kalah dengan susu sapi, susu yang dihasilkan dari persilangan Kambing Lokal dan Kambing India ini juga memiliki begitu banyak kandungan nutrisi. Seperti, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A dan B,  yang jumlahnya 2 kali lipat lebih banyak dari susu sapi.

Baca Juga :  Masyarakat Jombang Sambut Baik Program Vaksinasi Door To Door

Tak hanya itu, susu Kambing Etawa ini bisa diolah menjadi masker, lulur dan kosmetik lainnya. Wahyu -sapaan akrabnya- mengungkapkan kualitas susu sangat bergantung dari pakan yang diberikan.

“Kita mengkombinasi makanannya. Rumput itu pasti, tapi kita juga memberi dedak (serbuk halus) dari gandum dicampur dengan kulit kedelai,” ujarnya pria 40 tahun itu.

Dia menjelaskan, dalam sehari peternakan miliknya mampu menghasilkan hingga 25 liter susu Kambing Etawa. Satu liternya dihargai Rp 30 ribu. Jika diakumulasikan, omset bersih yang ia dapatkan dalam sebulan mencapai Rp 9 juta. Sejauh ini, konsumen susunya berasal dari Kota Malang, Surabaya, dan Jakarta.

Menariknya, Peternakan milik Sarjana Ekonomi tersebut juga biasa dikunjungi oleh anak-anak sekolah yang melakukan study tour. Biasanya, Wahyu banyak memberikan edukasi tentang perawatan Kambing Etawa maupun produksi susunya.

Baca Juga :  Bukan Penyebab Udara Dingin, Aphelion Hanya Fenomena Alamiah

Selama pandemi, penghasilan Wahyu masih stabil. Hal ini karena masyarakat banyak yang mengandalkan susu sebagai nutrisi penambah imun. Salah satu konsumen rutin susu Kambing Etawa ini adalah Yuliawati, warga dari Desa Bumiaji.

Ia dan keluarganya sudah sering meminum susu kambing etawa tersebut. “Rasanya tidak segurih susu sapi, tapi segar dan aromanya itu khas, jadi saya suka,” terangnya.Ibu dua orang anak itu menyarankan, agar masyarakat yang belum mengetahui bisa mencoba susu Kambing Etawa, terutama di musim pandemi seperti saat ini.

Pewarta : Mandalika Naurah
Editor : Chosa, Adinda

Kanal Terkait