Kawasan Makam Gus Dur Bisa Buka, Tunggu Kebijakan Satgas Covid Jombang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kawasan Makam Gus Dur Bisa Buka, Tunggu Kebijakan Satgas Covid-19 Jombang
Kawasan makam gus dur yang masih ditutup untuk umum (Foto: Anggit Puji/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Kawasan Makam Gus Dur Bisa Buka, Tunggu Kebijakan Satgas Covid Jombang

Satukanal.com, Jombang – Kabar akan dibukanya kembali wisata makam Gus Dur nampaknya masih belum terdengar, meskipun saat ini Kabupaten Jombang sudah berada di level dua PPKM sejak beberapa minggu yang lalu.

Rencana wisata religi makam Gus Dur atau KH Abdurrahman Wahid, Presiden RI ke 4 mau dibuka kembali ini pun direspon Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang, KH Abdul Hakim Mahfudz, ia menyebut tidak ingin gegabah dan masih menunggu instruksi dari satgas Covid 19 Pemkab Jombang.

“Benar, sudah pernah kami musyawarahkan. Namun, setelah kami koordinasikan dengan satgas Pemkab Jombang masih belum diperbolehkan,” ucapnya kepada saat ditemui di kediamannya komplek Ponpes Tebuireng, Senin (20/9/2021).

Gus Kikin sapaannya, menjelaskan bahwa wisata religi makam Gus Dur tidak hanya menjadi wewenang dari keluarga besar Ponpes Tebuireng saja, melainkan peran Pemkab Jombang juga menjadi pertimbangan. Hal tersebut mengingat wisata religi makam Gus Dur terletak di dalam komplek Ponpes Tebuireng yang sentral berhubungan dengan santri juga mengantisipasi terjadinya klaster Covid-19 di lingkup pesantren.

Baca Juga :  PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang, 6 Wilayah Level 4

“Saling mendukung kebijakan saja, nanti Pemkab yang saat ini berusaha keras mencegah penyebaran Covid 19. Kami malah buka makam (wisata religi), antisipasi agar tidak terjadi klaster Covid-19 baru,” jelasnya.

Terkait dibukanya kembali wisata religi makam Gus Dur sampai kapan, dirinya menegaskan tetap melihat perkembangan penyebaran Covid di Kabupaten Jombang hingga membaik.

“Kami akan lihat dulu perkembangan Covid-19 di Jombang. Karena ini menyangkut orang banyak, maka kami juga akan koordinasikan kembali ke satgas Covid-19 Pemkab Jombang,” ungkapnya.

Seperti yang diketahui, sejak awal pandemi Covid-19, keluarga besar Ponpes Tebuireng Jombang telah menutup dan meniadakan ziarah makam Gus Dur untuk umum, sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jombang.

Hal tersebut nampak berbeda, dari beberapa wisata religi, hanya kawasan makam Gus Dur yang sampai hari ini masih tutup. Sementara, seperti makam ara kiai di Jombang di Ponpes Denayar, Tambakberas dan Darul Ulum sudah mulai kembali dibuka.

Sesuai ketentuan intruksi Mendagri nomor 42 tahun 2021. Beberapa aktifitas sudah diberikan kelonggaran jika daerah terkait sudah berada di status level dua PPKM. Seperti sekolah tatap muka, bioskop, tempat ibadah kapasitas 75 persen, wisata, pertunjukan seni dan hiburan sekaligus resepsi boleh digelar.

Baca Juga :  Belajar Arti Ikhlas dari Pria yang Rawat Ratusan ODGJ di Jombang

Untuk bioskop, dapat beroperasi dengan ketentuan wajib yakni saat masuk harus menunjukkan sertifikat sudah divaksin dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Kapasitas maksimal 50 persen, dilarang makan, minum dan menjual makanan minuman di dalam bioskop. Kemudian, bagi pengunjung yang usianya kurang dari 12 tahun juga dilarang masuk.

Selain bioskop, fasilitas umum seperti area publik, taman umum, tempat wisata umum juga diizinkan buka, namun dengan kapasitas maksimal 25% dengan menerapkan prokes ketat. Lebih lanjut, bagi masyarakat yang sebelumnya proses resepsi pernikahannya ditunda kini dapat diadakan dengan maksimal 50 undangan dan tidak mengadakan makan di tempat.

 

Pewarta : Anggit Puji
Editor : Adinda


  • Pengunjung saat ziarah ke makam gus dur.

Kanal Terkait