Kata Pandemi Jadi Kata Terpopuler Sepanjang 2020 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kata ‘Pandemi’ Jadi Kata Terpopuler Sepanjang 2020
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Kata Pandemi Jadi Kata Terpopuler Sepanjang 2020

SATUKANAL.com, Nasional– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Badan Pengembangan dan pembinaan Bahasa menetapkan pandemi sebagai kata paling populer tahun ini atau disebut dengan Kata Tahun Ini (KTI).

Endang Aminuddin Aziz selaku Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyampaikan bahwa penetapan kata pandemi sebagai KTI 2020 karena kata tersebut menjadi salah satu dari 15 kata yang dicari terbanyak.

“Kata yang dipilih sebagai KTI pada 2020 adalah kata pandemi, yang bermakna wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas dengan kelas kata nomina,” kata Aminuddin pada Taklimat Media, yang dipantau secara daring, Kamis (17/12/2020).

Penetapan itu diperoleh dari Kamus Besar Bahasa Indonesia 2020 daring yang merekam kata-kata dengan pencarian terbanyak dalam kategori sepanjang masa, hari ini, bulan ini dan tahun ini. Terdapat 15 kata yang memiliki jumlah pencarian tertinggi yaitu mudik, memengaruhi, daring, kerja sama, risiko, praktik, analisis, orang tua, hoaks, aktivitas, pulang kampung, survei, pandemi, izin, dan zaman.

Baca Juga :  5 Manfaat Mencuci Kendaraan Usai Diguyur Hujan

Berdasarkan data tanggal 30 November 2020 pukul 10.25, KBBI daring merekam jumlah pencarian sebanyak 28.125 kali dari total 46.436 pencarian. Sebelumnya, pada bulan juni 2020 kata pandemi memiliki peningkatan yang cukup signifikan.

Sedangkan pada data Google 30 November 2020 pukul 10.51, kata dampak pandemi Covid-19 yang merupakan kueri tertinggi keempat dalam Google trends pada 30 November 2020, pukul 10.38 WIB. Kalimat tersebut memiliki jumlah pencarian sebanyak 44,8 juta kali.

Aminuddin juga menjelaskan jika kata pandemi masuk menjadi KTI karena sesuai dengan beberapa kriteria.

“Pertama, kata pandemi termasuk kata populer di kamus-kamus besar dunia. Kedua, kata pandemi merupakan salah satu kata yang masuk dalam 15 pencarian kata terpopuler sepanjang tahun dalam KBBI Daring. Ketiga, kata pandemi merupakan kata yang digunakan sepanjang tahun menurut Google trends dengan jumlah penggunaan tertinggi pada bulan Mei 2020. Keempat, kata pandemi menandai berbagai peristiwa yang digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pejabat hingga masyarakat umum. Kelima, kata pandemi memiliki keluasan distribusi bidang yang merata di seluruh Indonesia” ungkapnya merincikan.

Baca Juga :  Pemkot Kediri Lakukan Pencanangan Pertama Vaksinasi Covid-19

Menurut Aminuddin, kata pandemi ini menjadi populer karena mencerminkan kondisi yang dialami secara global mulai awal tahun ini, yakni pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 ini pun berimbas ke seluruh sektor, terutama ekonomi.Sektor lain yang juga terlihat dampaknya yaitu ektor pendidikan dengan sistem pembelajaran daring untuk siswa, dan sistem bekerja dari rumah untuk pekerja kantor.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Ovy Soviaty Rivay menyebutkan bahwa kata pandemi sebetulnya bukan kata yang baru dalam KBBI. Kata Pandemi sebenarnya sudah ada sejak KBBI edisi pertama, tetapi sejak Mei 2020 kata tersebut banyak dicari.

“Masyarakat banyak yang ingin tahu makna kata pandemi itu apa. Jadi kata ini termasuk dalam 15 kata paling terpopuler tahun ini versi KBBI,” ujarnya.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait