Kasus Covid Melonjak, Kemenag Terbitkan SE Pembatasan Kegiatan Keagamaan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kasus Covid Melonjak, Kemenag Terbitkan SE Pembatasan Kegiatan Keagamaan
Keterangan Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama (Youtube Kemenag)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Kasus Covid Melonjak, Kemenag Terbitkan SE Pembatasan Kegiatan Keagamaan

Satukanal.com, Nasional – Kementerian Agama (Kemenag) menerbitkan surat edaran (SE) tentang pembatasan pelaksanaan kegiatan keagamaan di tempat ibadah yang juga mencakup pembatasan pelaksanaan ibadah masyarakat di lingkungan zona merah.

Segala aturan terkait kegiatan keagamaan di rumah ibadah tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2021 tentang pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah.

Dilansir dari tayangan Youtube resmi Kemenag pada Rabu (16/06/2021), disebutkan oleh Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama bahwa kebijakan tersebut diberlakukan guna merespons lonjakan kasus Covid-19 dan kekhawatiran maraknya varian baru virus corona yang kini melanda Indonesia.

“Saya telah menerbitkan surat edaran, sebagai panduan upaya pencegahan, pengendalian, dan pemutusan mata-rantai penyebaran Covid-19 di rumah ibadah,” katanya.

Baca Juga :  26 Pelanggar PPKM Darurat Jalani Sidang Tipiring

Adapun isi Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2021 tentang tentang pembatasan pelaksanaan kegiatan keagamaan diantaranya adalah:

Pembatasan Tempat Ibadah

Untuk kegiatan keagamaan yang bakal dilakukan di tempat ibadah harus menerapkan beberapa aturan tertentu yang meliputi:

  • Kegiatan keagamaan di daerah zona merah ditiadakan sementara, sampai dinyatakan aman dari Covid-19 berdasarkan penetapan pemerintah daerah setempat.
  • Pengajian umum, pertemuan, pesta pernikahan dan sejenisnya di ruang serta guna di lingkungan rumah ibadat dihentikan sementara untuk daerah zona merah dan oranye.
  • Kegiatan peribadatan boleh dilakukan hanya bagi warga lingkungan setempat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, jika daerah sudah dinyatkan aman dari Covid-19.

Penerapan Protokol Kesehatan di Tempat Pengajian

Kemenag telah mengatur teknis protokol kesehatan di ibadah selama pandemi dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2020. Protokol kesehatan yang wajib diterapkan di tempat ibadah, meliputi:

  • Pastikan seluruh area tempat ibadah bersih (menggunakan disinfektan)
  • Gulung dan sikat karpet
  • Siapkan alat deteksi tubuh. Masyarakat yang terdeteksi suhunya lebih dari 38 derajat Celcius maka disarankan ke layanan kesehatan terdekat
  • Tidak bersalaman atau cium pipi
  • Tersedia tempat mencuci tangan/hand sanitizer serta pastikan mencuci tangan secara teratur dan benar
  • Mensosialisasikan etika batuk/bersin
  • Tempat ibadah menyediakan masker/tisu
  • Menyediakan media komunikasi, informasi dan edukasi terkait pencegahan dan pengendalian Covid-19.
Baca Juga :  PPKM Darurat, Santri Jombang Batal ke Ponpes

 

 

 

 

Penulis : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait