Kasus Covid-19 RI Naik-Turun, Akankah PPKM Level 4 Dilanjutkan? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Masih di Level 4 Pemkot Malang Optimis Segera Turun Level
Ilustrasi pembatasan kegiatan (Foto: Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Kasus Covid-19 RI Naik-Turun, Akankah PPKM Level 4 Dilanjutkan?

Satukanal.com, Nasional – Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dan 3, baik di Pulau Jawa-Bali maupun daerah di luar Jawa akan berakhir hari ini, Senin 2 Agustus 2021. PPKM ini merupakan perpanjangan dari PPKM pada 21-25 Juli 2021 lalu.

Banyak dari kalangan masyarakat berpendapat bahwa kebijakan tersebut akan diperpanjang hingga tanggal 8 Agustus 2021 mendatang. Namun, Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) menegaskan perpanjangan PPKM level 4 dan 3 masih menunggu pengumuman resmi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Keputusan terkait PPKM akan diumumkan secara langsung oleh Bapak Presiden RI sebelum PPKM tanggal 2 Agustus 2021 berakhir,” jelas Direktur Jenderal Bina Administrasi Wilayah Kemdagri Safrizal dalam keterangan tertulisnya, Minggu (1/8/2021) malam.

Menurutnya, kebijakan yang akan diambil pemerintah akan mempertimbangkan seluruh aspek kehidupan, dimana tetap menempatkan keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi.

Selama masa perpanjangan PPKM Level 4, Presiden RI Joko Widodo menyoroti data kasus Corona di luar Pulau Jawa dan Bali yang justru mengalami kenaikan. Padahal untuk Pulau Jawa kasusnya mulai melandai.

Baca Juga :  Permudah Komunikasi Mahasiswa Pendatang, 5 Mahasiswa UM Ciptakan Aplikasi Jawi

Selain itu, penambahan kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia masih mengalami naik-turun setiap harinya. Hal ini menandakan bahwa penularan virus Corona masih terus terjadi di masyarakat.

Dalam rilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait Situation Report-65 yang diterbitkan Kamis (29/7/2021), data yang dirilis setiap pekan tersebut menyoroti kondisi kasus yang masih tinggi di Indonesia.

WHO pun mengimbau agar masyarakat tetap disiplin menaati protokol kesehatan (prokes) Covid-19, serta melanjutkan pembatasan kegiatan masyarakat jika tren kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi. WHO juga mengamati laporan kasus mingguan Corona di tujuh provinsi. Tingkat penularan sangat tinggi terjadi per 100 ribu penduduk.

“Dari 19 hingga 25 Juli, tingkat penularan komunitas tertinggi (CT4) diamati di tujuh provinsi, berbeda dengan enam di minggu sebelumnya. Tingkat penularan yang sangat tinggi per 100 ribu penduduk dilaporkan di DKI Jakarta (688,6), DI Yogyakarta (362,9), Kalimantan Timur (248,9), Kalimantan Utara (213,3), Kepulauan Riau (208.1), Papua Barat (198,1) dan Kepulauan Bangka Belitung (178,0),” tulis WHO melansir dari laman Kompas.com.

Baca Juga :  Jaenal Aripin Didiskualifikasi di Ajang Paralimpiade Tokyo 2020

Sebagai informasi, Kebijakan PPKM telah diatur dalam 3 Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), adapun 3 poin tersebut yakni:

  1. Inmendagri Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Leve 4 dan Level 3 Coronavirus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.
  2. Inmendagri Nomor 25 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Coronavirus Disease 2019 di Wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.
  3. Inmendagri Nomor 26 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 Serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Coronavirus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Coronavirus Disease 2019.

Dari ke-3 inmendagri tersebut, ditetapkan daerah-daerah yang melaksanakan PPKM level 1,2, 3 dan 4. Baik di Pulau Jawa dan Bali maupun di luar Jawa berdasarkan indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi Covid 19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

 

Pewarta : Viska
Editor: Ubaidhillah

Kanal Terkait