Kasus Covid-19 di Kota Malang Alami Peningkatan, Dinkes : Masyarakat harus aktif lakukan pemeriksaan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kasus Covid-19 di Kota Malang Alami Peningkatan, Dinkes : Masyarakat harus aktif lakukan pemeriksaan
istimewa
BERITA Kanal Highlight

Kasus Covid-19 di Kota Malang Alami Peningkatan, Dinkes : Masyarakat harus aktif lakukan pemeriksaan

Satukanal.com, Malang – Dua pekan jelang libur lebaran 2021, pasien positif Covid-19 di Kota Malang alami peningkatan. Lonjakan pasien positif Covid-19 per hari rata-rata 8 kasus bahkan sempat di atas angka 10 kasus per harian, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kota Malang.

Meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kota Malang, Dinkes Kota Malang terus mewaspadai mobilitas masyarakat yang dikhawatirkan terjadi lonjakan kasus. Apalagi saat ini mendekati momen lebaran, di mana dalam momen ini selalu digunakan warga untuk berkumpul dengan keluarga.

“Dua hari yang lalu menyentuh 11 kasus. Jadi di Kota Malang ada kenaikan kasus Covid-19, tapi kenaikannya juga tidak banyak di bawah 10 kasus,” ujar Husnul Muarif selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang.

Adanya tren kenaikan kasus Covid-19, Kepala Dinkes Kota Malang menghimbau seluruh masyarakat Kota Malang agar selalu aktif melakukan pemeriksaan kesehatannya masing-masing. Hal tersebut dilakukan guna menghindari peningkatan pasien positif Covid-19 jelang lebaran 2021.

Baca Juga :  Mahasiswa Ngaku Positif Covid-19 Saat Ngampus, Begini Klarifikasi UB

Apabila masyarakat mengeluhkan adanya gejala Covid-19, diharapkan dapat selalu aktif melakukan pemeriksaan kesehatan di masing-masing klinik atau layanan kesehatan lainnya.

“Masyarakat yang merasa terpapar Covid-19, itu segera periksa ke laboratorium untuk memastikannya. Kenaikan kasus juga karena mobilitas. Mobilisasi ini hanya antar kawasan saja ya. Seperti pertokoan hingga pasar mobilisasinya seperti itu,” jelasnya.

Sementara itu, guna menghindari lonjakan kasus Covid-19 masyarakat juga tetap diwajibkan untuk selalu tertib akan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yakni 3M seperti, Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta Menjaga jarak guna menghindari kerumunan.

Data pasien positif Covid-19 1 Mei 2021 tercatat ada 6667 pasien yang dinyatakan positif dengan tingkat kesembuhan mencapai 5764 orang. Sementara itu, sebaran suspek Covid-19 terbanyak Kota Malang terdapat di Kecamatan Sukun dengan total 349 suspek.

Baca Juga :  Pemerintah Putuskan PPKM Darurat Diperpanjang

Sebagai informasi, Larangan mudik 2021 Polresta Malang Kota perketat pemantauan di Exit Tol Madyopuro lima hari jelang masa peniadaan mudik, Sabtu (1/5/2021). Pengetatan pemantauan tersebut dilakukan, untuk mencegah adanya masyarakat yang melakukan mudik lebih awal.

Pos penyekatan ini sudah mulai didirikan tepat setelah pintu keluar tol Madyopuro. Penyekatan jalan tersebut, dilakukan dengan melakukan pengecekan identitas KTP para pengemudi dan penumpang kendaraan bermotor, yang akan memasuki kawasan Kota Malang. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan surat tugas, bagi orang-orang yang akan memasuki wilayah Kota Malang untuk bekerja.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait