Kartun PopeyeTerinspirasi dari Sosok di Dunia Nyata, Siapakah Dia? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kartun PopeyeTerinspirasi dari Sosok di Dunia Nyata, Siapakah Dia?
Gambaran kartun Popeye dengan sosok asli yang dijadikan sebagai inspirasi (Foto: Satukanal.com)
BERITA Kanal Artikel

Kartun PopeyeTerinspirasi dari Sosok di Dunia Nyata, Siapakah Dia?

Satukanal.com, Nasional– Siapa yang tidak kenal dengan serial kartun Popeye? Serial ini memang menjadi salah satu kartun favorit pada masanya. Kisahnya yang menarik dengan penggambaran tokoh yang apik membuat kartun ini punya banyak penggemar.

Namun, siapa yang menyangka jika Popeye sebenarnya dibuat pada orang nyata? Tak hanya bentuk fisiknya, karakteristiknya pun juga sangat mirip dengan yang dibuat dalam karakter kartun Popeye. Meski termasuk kartun lawas yang ada sejak awal ke-20, Kartunis E.C melalui Don Evon menyebut bahwa kartun ini terinspirasi oleh penduduk kota bernama Frank Fiegel.

Dalam sebuah artikel dari Dan Evon kepada Snopees yang berjudul Was Frank ‘Rocky fiegel the Inspiration for Popeye? Yang dipublikasikan tahun 2019 mengisahkan tentang awal mula terciptanya serial kartun Popeye.

“Klaim bahwa Fiegel adalah inspirasi untuk “Popeye” sebagian besar akurat. Karakterisasi Popeye, misalnya, dapat ditemukan dalam tampilan dan kepribadian Fiegel, yang memiliki dagu yang kuat, selalu merokok pipa, dan memiliki kecenderungan untuk berkelahi,” tulis Evon dikutip dari National Geographic Indonesia.

Lebih lanjut, asal-usul karakter Popeye juga dieksplorasi oleh Fred Grandinnetti dalam bukunya yang berjudul Popeye: An Illustrated Cultural History. Ia menemukan bahwa penduduk lokal Chester, Illinois  bernama Frank Fiegel kemungkinan besar menjadi inspirasi dari terciptanya tokoh Popeye.

Baca Juga :  "Salam dari Binjai" Kian Viral Hingga Diadaptasi Jadi Game Gratisan

“Rocky (panggilan Frank Fiegel) bekerja paruh waktu di salon George Gozney. Ketika dia menyelesaikan pekerjaannya, orang akan menjumpai dirinya meminum beberapa gelas bir, kemudian mengambil kursi di luar, duduk sendiri, memiringkan kursi ke belakang, menyalakan pipa di mulutnya, melanjutkan tidur siang di bawah sinar matahari,” ungkapnya.

Semasa mudanya, kata Fred, Fiegel dikenal memiliki kekuatan luar biasa karena fisiknya yang keras. Apalagi, mengayunkan lengan adalah bagian favorit dari karakter Popeye saat dirinya hendak berkelahi dengan musuh bebuyutannya.

Meskipun bukan seorang pelaut, dan lebih cenderung menenggak minuman keras daripada bayam, Fiegel memiliki reputasi sebagai sosok yang tangguh dan tak kenal takut seperti karakter kartun Popeye.

“Kisah Popeye malah terlihat berbeda dengan kehidupan nyata Fiegel. Ia seorang bartender dan buruh umum di sekitar Chester, jarang memiliki pekerjaan tetap dan sering terlihat bermalas-malasan di sekitar salon-salon kota,” ungkapnya.

Baca Juga :  Youtube Bakal Sembunyikan Jumlah Dislike di Video

Rahangnya yang bersudut dan pipa tongkol jagung yang familiar, rupanya membuat pencipta kartun Popeye terkesan. Dari sanalah kemudian mendorongnya untuk membuat karakter Popeye yang mendunia dari sosok Fiegel.

Sembilan tahun sebelum Fiegel meninggal, tepaty atahun 1938, ia mengetahui bahwa dirinyalah yang menjadi inspirasi bagi Elzie Crisler Segar untuk menciptakan kartun Popeye. Tahun tersebut pun juga menjadi tahun terakhir sang penciptanya.

Gambar Fiegel yang duduk di kursi goyang sambil mengisap pipa pun kemduian dimuat oleh The St. Louis Post-Dispact sebagai tokoh yang menginspirasi karakter Popeye.

Media cetak Chester Herald Tribune edisi 28 Maret 1947 pun juga memuat obituari untuk Mr. Fiegel, yang meninggal di rumahnya di Chester pada 24 Maret 1947. Lahir 27 Januari 1868, ia berusia 79 tahun di waktu kematiannya.

“Pada tanggal 7 September 1996, kuburan Fiegel yang sebelumnya tidak bertanda, akhirnya ditandai dengan sebuah nisan oleh para penggemar Popeye yang berhasil menemukan makamnya,” terang Grandinetti.

 

 

Pewarta : Adinda

Kanal Terkait