Kartu Prakerja Gelombang 23, Menko Airlangga: Tidak hanya daring, tapi juga bersifat luring - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kartu Prakerja Gelombang 23, Menko Airlangga: Tidak hanya daring, tapi juga bersifat luring
Website Kartu Prakerja Gelombang 23 (Foto: Laman Prakerja)
BERITA Kanal Straight

Kartu Prakerja Gelombang 23, Menko Airlangga: Tidak hanya daring, tapi juga bersifat luring

Satukanal.com, Nasional – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto baru-baru ini mengabarkan tentang kapan program Kartu Prakerja Gelombang 23 di buka. Nantinya, Kartu Prakerja Gelombang 23 akan dibuka di awal tahun 2022 mendatang.

Untuk mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23 yang akan dibuka nanti, calon peserta harus sudah memiliki akun Prakerja di situs www.prakerja.go.id.

Sebelum daftar akun, calon peserta Gelombang 23 terlebih dahulu harus memenuhi persyaratan. Persyaratan tersebut diantarannya:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI),
  2. Calon peserta Kartu Prakerja berusia 18 tahun ke atas,
  3. Calon peserta Kartu Prakerja tidak sedang menempuh pendidikan formal,
  4. Calon peserta Kartu Prakerja sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil,
  5. Calon peserta Kartu Prakerja bukan penerima bantuan sosial (bansos) lainnya selama pandemi Covid-19,
  6. Dalam 1 Kartu Keluarga (KK) hanya diperbolehkan maksimal 2 NIK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.
Baca Juga :  Kaum Hawa Wajib Tau, Ini Cara Cek Kosmetik yang Terdaftar di BPOM

Dengan anggaran Rp 1,1 triliun, artinya kuota Kartu Prakerja di 2022 tidak akan jauh beda dari dari kuota program di 2021, yakni berkisar 2 juta peserta.

Rincian insentif Kartu Prakerja gelombang 23 tentunya tidak jauh berbeda dengan Kartu Prakerja gelombang sebelumnya, peserta lolos seleksi akan mendapatkan insentif Rp2,55 juta, diantarannya:

  1. Insentif Rp600 ribu per bulan yang diberikan selama 4 bulan,
  2. Insentif survei Rp150 ribu,

Sementara itu, Airlangga mengungkapkan, Kartu Prakerja pada tahun depan, termasuk Gelombang 23 tak hanya dilakukan secara online atau daring.

Baca Juga :  "Salam dari Binjai" Kian Viral Hingga Diadaptasi Jadi Game Gratisan

“Program kartu prakerja akan dilanjutkan pada tahun 2022, tidak hanya daring, tapi juga bersifat luring dan kembali pada program awal yaitu mendorong retraining dan reskilling agar sesuai dengan kebutuhan digitalisasi ke depan,” terang Airlangga dikutip dari keterangan tertulis, Senin, 22 November 2021.

Sebagai informasi, hingga semester II/2021, peminat Program Kartu Prakerja telah mencapai 75 juta orang. Sejak diluncurkan pada 2020, jumlah peserta Kartu Prakerja telah mencapai 11,4 juta orang, tersebar di 514 kabupaten/kota.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait