Kartu Nikah Digital, Kemenag Mudahkan Pasangan Yang Kerap Bepergian - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kartu Nikah Digital, Kemenag Mudahkan Pasangan Yang Kerap Bepergian
Contoh Kartu Nikah Digital (Foto: Kemenag/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Artikel Kanal Highlight

Kartu Nikah Digital, Kemenag Mudahkan Pasangan Yang Kerap Bepergian

Satukanal.com, Nasional – Kabar gembira! saat ini Kantor Urusan Agama menghadirkan layanan baru berupa kartu nikah digital yang bisa dibawa kemana saja untuk para pasangan suami istri di Indonesia.

Kartu nikah digital merupakan salah satu bagian dari revitalisasi Kantor Urusan Agama dalam memberikan kemudahan dan layanan berkualitas kepada masyarakat. Melalui akun instagram resmi Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, @bimaislam informasi ini disampaikan.


Dalam postingan @bimaislam tersebut juga disampaikan sejumlah manfaat, diantaranya yakni memudahkan pasangan pengantin dalam membawa dokumen nikah. Adanya dokumen nikah berbentuk digital ini juga membuat pasangan sumai istri tak perlu membawa buku nikah ketika bepergian.

Disebutkan pula bahwa, layanan ini bisa dinikmati di seluruh KUA yang memiliki akses ke Simkah Web. Dari 5.945 KUA yang ada, 5.807 di antaranya sudah bisa mengakses Simkah Web.

Kartu ini juga sudah terintegrasi dengan sistem informasi manajemen nikah, sehingga pasangan calon pengantin dapat mengisi formulir pendataran nikah memalui Simkah web. Lantas, bagaimana cara mendapatkan kartu nikah digital? Apakah sama antara pengantin baru dan lama?

Bagi Pengantin Lama

Untuk pasangan suami istri yang telah menikah lama, juga bisa mendapatkan kartu ini. Caranya sangat mudah yakni tinggal mengajukan diri ke KUA terdekat. Datangilah KUA tempat menikah untuk kemudian dimasukkan data pernikahannya pada Simkah Web.

Baca Juga :  Kepahlawanan Novilia, Peneliti Vaksin yang Gugur dalam Perang Melawan Covid-19

Dengan begitu, maka kartu nikah yang diajukan telah diproses dan secara otomatis, pasangan suami istri tersebut sudah terdaftar dalam sistem informasi yang saling terintegrasi satu sama lain. Selanjutnya, tinggal menunggu dan kartu nikah tersebut akan dikirimkan via nomor WhatApps atau email yang terdaftar.

Bagi Pengantin Baru

Sigit Kamseno selaku Kepala Sub Bagian Sistem Informasi dan Hubungan Masyarakat Dirjen Bimas Islam Kemenag RI mengatakan, untuk mendapatkan kartu nikah, calon pengantin bisa mengisi terlebih dahulu formulir pendaftaran menikah melalui Simkah Web dengan alamat situs: simkah.kemenag.go.id.

Setelah akad nikah selesai, maka kartu nikah digital akan dikirim dalam bentuk soft file melalui e-mail pemohon. Kartu nikah digital ini nantinya akan dikirim setelah pengantin mengisi Survei Kepuasan Masyarakat terlebih dulu. Selanjutnya, soft file yang sudah dikirimkan via e-mail dapat dicetak.

Lebih lanjut, ia mengatakan meski sudah tersedia kartu nikah digital, namun bagi pasangan pengantin baru juga akan tetap mendapatkan buku nikah. “Buku nikah akan diberikan setelah prosesi akad selesai dilakukan,” ujarnya.

Baca Juga :  Alert! Varian Delta Plus Masuk Indonesia, Simak Fakta-Faktanya

Manfaat

Salah satu manfaat adanya Kartu Nikah yang berbentuk digital, diharapkan memudahkan pasangan untuk membawa informasi terkait status pernikahannya saat bepergian.

“Ada banyak manfaat kartu ini. Pertama, kecepatan mengakses data diri dari pasangan suami istri sebagaimana tertera dalam kartu tersebut,” ujar Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag, Muharam Marzuki dikutip dari laman resmi Kemenag.

Selanjutnya, manfaat yang kedua yakni mempermudah dilakukannya pengecekan keabsahan pernikahan pasangan suami istri. “Kita juga bisa mengecek benarkah mereka berdua benar-benar pasangan suami istri. Kemudian kita juga bisa mengecek secara cepat kapan menikahnya,” kata dia.

Adapun manfaat yang ketiga yakni keberadaannya diharapkan sebagai upaya Kemenag untuk menghindari pemalsuan dokumen pernikahan. Muharam juga menyampaikan kartu ini juga akan menghindarkan praktik penipuan yang mungkin dilakukan pasangan.

“Jadi ini juga memudahkan bagi pasangan pengantin atau suami istri untuk berpergian tanpa harus khawatir dicurigai apabila mereka pergi bersama. Jadi sudah bisa dicek melalui Kartu Nikah Digital tadi. Biasanya pada hotel atau tempat berlogo syariah pasti mereka bertanya,” ujarnya.

 

 

Penulis : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait