Kapolda Jatim Apresiasi Polwan di Mojokerto yang Jadi Kepala Keamanan Pasar - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
35AC4838-5364-4F53-925E-F1AA6749D14D-6806afdc
Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta (tengah) mengunjungi pasar (Foto: Hermansyah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Kapolda Jatim Apresiasi Polwan di Mojokerto yang Jadi Kepala Keamanan Pasar

Satukanal.com , Mojokerto – Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta melakukan kunjungan ke Pasar Pon Dusun Gelonggongan, Desa Sumbertebu, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto. Menyusul, salah satu anggota Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jawa Timur menjadi Kepala Keamanan Pasar Pon.

“Kunjungan ke Pasar Pon tidak lain untuk melihat secara langsung situasi pasar tradisional setelah PPKM berjalan dengan baik. Kemudian yang kedua, saya juga ingin dengar langsung adanya anggota kami, Aiptu Sumilak yang dipercaya untuk melakukan pembinaan kepada pasar ini,” ungkap Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta, Senin (1/11/2021).

Disebutkan bahwa pembinaan tersebut untuk menciptakan suatu sistem sosial di Pasar Pon yang baik, diantaranya kebersihan, sistem keamanan dan kenyamanan. Masih kata Kapolda, di awal tahun 2018 sistem sosialnya belum tercipta sehingga Aiptu Sumilak diminta untuk turun membantu menciptakan sistem sosial di Pasar Pon agar lebih baik.

“Dan akhirnya sampai sekarang, kalau nggak salah sudah dua kali beliau diminta untuk melakukan pembinaan. Kalau bahas sini itu, Mantri Pasar. Saya ikut bangga apa yang sudah dilakukan oleh Aiptu Sumilak di sini dan saya juga mendengar langsung dari pedagang yang menyatakan bahwa apa yang dilakukan Aiptu Sumilak melebihi panggilan tugas dan tanggung jawabnya,” katanya.

Kapolda menegaskan, pihaknya ingin mendorong semua anggota Polri bersama-sama dengan TNI dan pemerintah untuk menciptakan hal-hal yang baik. Menciptakan struktur sosial yang baik yaitu keamanan, ketertiban sehingga roda ekonomi bisa berjalan. Dan yang paling penting, tambah Kapolda, sampai kapanpun harus taat protokol kesehatan.

“Sehingga kegiatan ekonomi berjalan, protokol kesehatan berjalan karena ketertiban dengan sinergi antara pemerintah, TNI/Polri itu bisa berjalan. Ibu Sumilak ini menunjukkan dan mengambil peran di situ, saya kira semua orang bisa berperan. Tidak hanya ibu Sumilak saja, pemerintah berperan, kepala desa berperan, bhabinkamtibmas berperan,” tegasnya.

Kapolda juga mengajak, semua bisa menciptakan situasi yang sudah kondusif dan penegakan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Kapolda meminta agar Aiptu Sumilak untuk tetap semangat dan bersinergi dengan semua unsur yang ada sehingga masyarakat bisa terbantu.

Sementara itu, Kepala Keamanan Pasar Pon, Aiptu Sumilak mengatakan, sudah tiga tahun dipercaya warga masyarakat sebagai Kepala Keamanan Pasar Pon.

“Tidak terganggu karena di luar struktur kerjaan saya yang utama. Kerjaan utama saya sebagai anggota Polri, itu prioritas yang utama. Kalau di sini kan setelah saya melaksanakan tugas di kantor,” tuturnya.

Menurutnya, para pedagang selalu mengikuti apa yang diminta Aiptu Sumilak untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan Pasar Pon. Sebagai anggota Polri, Aiptu Sumilak berdinas di SPN Polda Jawa Timur di Bagian Urusan (Baur) Manansal (makan siswa). Ia juga bertugas mengecek kegiatan makan siswa di SPN Polda Jawa Timur.

Dalam kunjungannya, Kapolda Jawa Timur menyapa sejumlah pedagang Pasar Pon. Orang nomor satu di wilayah hukum Polda Jawa Timur ini, berinteraksi dengan para pedagang dan menanyakan terkait apa yang dilakukan Aiptu Sumilak sebagai Kepala Keamanan Pasar Pon. Bahkan, Kapolda Jawa Timur juga membeli bawang putih dan jahe merah salah satu pedagang Pasar Pon.

 

Baca Juga :  Peringati Sumpah Pemuda, Forum Lintas Agama di Kota Malang Bagikan Masker dan Hand Sanitizer

Pewarta : Hermansyah

Editor : Adinda

    Kanal Terkait