Kampung Wisata Keramik Dinoyo, Surga Barang Unik nan Cantik - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Beragam keramik cantik dijual dengan harga yang ramah di kantong. (foto: Mandalika/satukanal.com)
Kanal Feature Kanal Highlight

Kampung Wisata Keramik Dinoyo, Surga Barang Unik nan Cantik

Kampung Wisata Keramik Dinoyo. Salah satu kampung tematik yang wajib dikunjungi saat melancong ke Kota Malang.

Satukanal.com, Malang

MEMASUKI sebuah gang yang berlokasi di pinggir Jalan Haryono MT Kota Malang, sederet toko menjajakan keramik yang sudah diolah menjadi berbagai variasi. Dapat berbentuk sebagai alat makan, hiasan rumah, atau souvenir. Motifnya cantik. Memikat mata siapa saja yang melihat.

Salah satu pengrajin sekaligus Ketua Paguyuban Pengrajin Keramik Dinoyo, Sony Soeharto. Dia sudah bergelut dibidang keramik selama 37 tahun.

“Sebenarnya para pengrajin ini sudah ada dari tahun 1953. Dahulu ada sepuluh pengrajin, tapi berkurang terus, tersisa 7 orang dan sekarang yang aktif hanya 5 orang,” jelasnya.

Baca Juga :  Webinar Risolresah Refleksi UU SKN

Keramik yang berbahan dasar kaloin (porcelain) clay ini dijual dengan harga yang ramah di kantong. Mulai dari Rp6 ribu hingga Rp250 ribu, bergantung dari ukuran dan bentuknya. Bahkan pembeli bisa request bentuk sesuai keinginan.

Proses produksinya sendiri memakan waktu 4 – 5 hari. Bergantung kondisi cuaca. Hal tersebut karena keramik harus melalui proses pengeringan.

Harto, panggilan akrabnya, mengatakan selama pandemi, jumlah pemesanan menurun drastis.
Untungnya, pesanan secara online masih terus mengalir. Laki – laki berusia 67 tahun tersebut mengirimkan produksi keramiknya ke Surabaya, Bali, hingga Kalimantan.

“Biasanya saya menerima 500 pesanan, namun sekarang 150 saja sudah alhamdulillah. Sangat dibantu oleh penjualan secara online, kalau tidak ya pasti usaha ini bisa mati,” tuturnya.

Baca Juga :  Telusuri Jejak Ulama' Mastur, Penulis Buku di Jombang Riset Tiga Tahun

Harapan kakek 5 cucu tersebut hanyalah agar para pengrajin keramik bisa terus berkembang. Sehingga hasil karya mereka bisa dikenal lebih luas lagi.

Data dari Paguyuban Pengrajin Keramik Dinoyo, di Kampung Wisata Keramik Dinoyo ini, terdapat 33 pengusaha keramik. Terdiri dari 12 pengrajin keramik, 10 pengrajin gips dan 11 pedagang, dengan jumlah tenaga kerja 200 orang.  Kapasitas produksi, 60 ribu pcs per bulan.

Selama masa PPKM Darurat ini, Kampung Wisata Keramik merupakan salah satu kampung tematik yang buka, karena berbasis belanja. Sementara, 22 kampung tematik di Kota Malang tutup sementara. (*)

Pewarta : Mandalika Naurah

Editor : Danu Sukendro

Kanal Terkait