SATUKANAL.COM
BERITA

Kampung Berwawasan Lingkungan Ala Kampung Ekologi Batu Into Green (BIG) Temas

Satuchannel.com, Kota Batu  – Perkembangan Kota Batu yang semakin padat dan semakin tidak nyaman, Kampung Ekologi Temas Batu hadir dengan konsep kampung tematik yang berwawasan lingkungan.

Saat memasuki kampung yang berada di jalan Pattimura gang V wilayah RW 06 Kelurahan Temas, Kota Batu ini, kamu akan disambut oleh sepasang boneka plastik. Boneka ini melambangkan bahwa sampah plastik dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang menarik.

Hiasan kampung ekologi dari bahan daur ulang (Swandy)

Ketua RW 06, Taslan mengatakan Kampung Ekologi ini di bangun atas kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan sehat. Kampung ini di bangun oleh swadaya masyarakat sehingga ada rasa memiliki dan merawat lingkungan. Kampung ini disiapkan juga untuk manfaat jangka panjang masa depan anak cucu mereka.

“Kita bangun bersama, kita branding untuk anak cucu kita kedepan,” kata Taslan yang juga pengelola Kampung Ekologi pada satuchannel, Senin (24/7).

Berbagai tanaman hias juga digantung di halaman rumah warga. Tak hanya itu, dinding-dinding rumah juga dicat dengan aneka warna terang. Aneka jenis bunga hias juga bertebaran hampir disetiap lorong jalan sempit. Beberapa bunga hias yang ada yaitu anyelir, petunia merah, azalea, dan lain-lain.

Suasana kampung ekologi (Swandy)

Taslan menambahkan di ujung lorong gang terpampang tulisan unik yang menjadi nama gang tersebut. Ada Gang Cinta, Gang Bahagia, Gang MTQ, dan beberapa nama lain yang tidak lazim digunakan sebagai nama gang. Salah satu yang jadi gang favorit adalah gang cinta.

“kita namakan gang cinta karena sepanjang lorong tersebut dipenuhi oleh bunga berwarna pink yang mana warna pink identik dengan warna cinta,”ujarnya.

Kampung ekologi (Swandy)

Di Kampung Ekologi, para wisatawan tidak hanya sekedar berfoto di lorong-lorong yang dipenuhi bunga. Tapi juga bisa belajar cara menanam sayuran organik, belajar pengelolaan bank sampah, membuat kerajinan tangan dari bahan bekas hingga membuat makanan dari bahan organik.

Untuk diketahui, Kampung Ekologi yang diresmikan oleh Wali Kota Eddy Rumpoko Januari 2017 lalu ini telah banyak mendapat penghargaan dan sertifikat. Seperti sertifikat sayuran organik yang disematkan oleh Lembaga Sertifikat Organik Seloliman.(swan)

Kanal Terkait