Kamala Harris, Wapres Wanita Kulit Hitam Pertama Di AS | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
wapres AS
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Kamala Harris, Wapres Wanita Kulit Hitam Pertama Di AS

SATUKANAL.com, INTERNASIONAL– Sejak didapuk menjadi wakil presiden (wapres), sosok Kamala Harris telah mencuri perhatian publik. Siapa sangka, wanita berdarah India dan berkulit setengah hitam itu telah mendapat jabatan sebagai wakil Presiden Amerika Serikat.

Dengan capaian itu, Kamala Harris pada sabtu (7/11/2020) adalah wanita pertama yang terpilih sebagai wakil presiden perempuan pertama Amerika. Kemenangannya itu tidak saja dirayakan di ibu kota washinton DC, tetapi juga di Desa Thulasendirapuram, bagian selatan Tamil Nadu dimana kakek Harris dari pihak ibu dilahirkan.

Kamala harris yang berusia 56 tahun mengucapkan terima kasih kepada Presiden terpilih Joe Biden dan para pemilih karena memilihnya menjadi perempuan Amerika keturunan Afrika dan India pertama yang menjabat sebagai wakil presiden Amerika. (dikutip dari APNews 8/11/2020)

Terpilihnya haris sebagai Wapres mendampingi Joe Biden, mewakili multikulturalisme yang mendefinisikan Amerika, tetapi sebagian besar tidak ada di pusat-pusat kekuasaan Washington.

Baca Juga :  Persaingan Sengit Biden dan Trump Dalam Pilpres Amerika Serikat tahun 2020

Sebagai wanita dengan peringkat tertinggi yang pernah terpilih dalam pemerintahan Amerika, kemenangannya memberikan harapan bagi wanita yang mengalami kekalahan pada pemilu sebelumnya yaitu Hillary Clinton, 4 tahun lalu melawan Donald Trump.

Harris yang menjabat sebagai jaksa wilayah di San Francisco dan jaksa agung California sebelum menjadi senator telah menjadi bintang baru dalam politik Demokrat selama hampir dua dekade terakhir.

Kamala Devi Harris atau Kamala Harris lahir di Oakland, California pada 20 oktober 1964. Orang tuanya adalah Shyamala Gopalan, seorang peneliti kanker dari India dan Donald Harris, seorang ekonom dari Jamaika.

Setelah dewasa, Harris bekerja di kejaksaan Alamedia Country di oakland sebagai asisten jaksa wilayah pada tahun 1990. Berbeda dengan jaksa lainya, Kamala Harris lebih berfokus pada kejahatan seks serta pelecehan seksual.

Baca Juga :  Unggul 290 Suara, Joe Biden Akhiri Kepemimpinan Trump

Kemudian, pada tahun 2003 Kamala Harris terpilih sebagai jaksa wilayah di San Fransisco. Kamala Harris merupakan wanita pertama yang menjadi jaksa agung pertama di California di tahun 2010.

Di tahun 2011 sampai 2017, Kamala Harris menjadi jaksa Agung California ke 32. Pada tahun 2017 juga Kamala Harris dilantik sebagai Senator AS untuk California. Dia bertugas di Komite Keamanan Dalam Negeri dan Urusan Pemerintah, Komite Intelijen Seleksi, Komite Kehakiman dan Komite Anggaran.

Puncaknya, pada 20 Januari 2021 Kamala Harris akan dilantik sebagai wakil presiden ke 49 AS pada 20 Januari 2021.

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait