Kajian Tim BPCB Jatim, Pencungkupan Hingga Eskavasi Situs Tondowongso - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kajian Tim BPCB Jatim, Pencungkupan Hingga Eskavasi Situs Tondowongso
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Kajian Tim BPCB Jatim, Pencungkupan Hingga Eskavasi Situs Tondowongso

SATUKANAL.com, KEDIRI Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim, melakukan kajian pelestarian situs Tondowongso, di Balai Desa Gayam, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Kamis (18/2/2021).

Situs Tondowongso yang ditemukan pada akhir tahun 2006 lalu, saat ini dinilai dalam kondisi perlu perawatan dan pelestarian. Tim BPCB, akan mengumpulkan data penelitian berdasarkan potensi dan ancaman kelestarian. Selanjutnya akan memberikan rekomendasi, sebagai tindak lanjut teknis kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kediri.

“Rekomendasi kami adalah kegiatan pencungkupan, eskavasi, penanganan genangan air, pembuatan pagar, plengsengan, penataan lahan, serta promosi. Setelah mendapat perlindungan Situs Tondowongso,” ungkap Staf BPCB Jatim, Nur Fadhilatus, ke Satukanal.com, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga :  Liga Pra Musim Kemenpora, Persik Kediri Belum Menerima Surat Resmi PT LIB

Dia juga mengatakan kajian yang paling sulit di lokasi situs Tondowongso ialah penanganan genangan air. Lokasi yang lebih rendah dari sekitarnya, membuat pembentukan kegiatan-kegiatan tersebut terkendala sulit.

Kegiatan ini ditangani langsung oleh Tim BPCB Jatim dan Disparbud Kabupaten Kediri. Disebutkan pelaksanaan secara teknis, akan dilakukan oleh Disparbud Kabupaten Kediri, sebagai kewenangan otoritas pemerintah daerah.

“Untuk pelaksanaan, sempat terdengar kalau tahun ini dimulai untuk pemasangan pagar. Lebih lanjut, kita akan serahkan ke Disparbud Kabupaten Kediri,” terangnya.

Baca Juga :  Belum Aman, Huntara Masih Terancam Longsor di Kawasan Wilis

Sementara itu, Perangkat Desa Badan Pembangunan Daerah (BPD) Desa Gayam Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, Arisandi, mengatakan kegiatan pembangunan lokasi Situs Tondowongso menjadi hal yang ditunggu oleh masyarakat sekitar.

Situs Tondowongso, disebutkan sebagai lokasi kebudayaan yang dibanggakan oleh warga masyarakat Desa Gayam. Pihaknya berharap melalui kajian dan diskusi kegiatan pembangunan, dapat memajukan warga masyarakat sekitar lokasi situs Tondowongso.

“Harapannya agar dapat segera dilakukan pemugaran. Sehingga dapat menjadi destinasi wisata budaya kebanggaan warga masyarakat sekitar,” tutupnya.

 

 

 

 

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait