SATUKANAL.COM
Kader Banteng Berebut Rekom
Kader Banteng Berebut Rekom
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Kader Banteng Berebut Rekom di Pilbup Kediri 2020

SATUKANAL, KEDIRI – Kontestasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 di Kabupaten Kediri diwarnai dengan rebutan rekomendasi kader-kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Dalam bursa awal pencarian rekom ini, setidaknya ada 4 kandidat yang ikut mencari restu dari partai berlambang banteng tersebut. Lima orang itu di antaranya adalah Wakil Bupati Kediri aktif Masykuri Ikhsan, mantan Bupati Kediri Sutrisno yang secara terang-terangan mengajukan nama Mujahid, Sukma Sahdewa, dan Hanindito Himawan Pramono.

Dari kelima kandidat besar tersebut, isu santer yang berkembang di kalangan partai, yang akan mendapatkan rekom adalah Hanindito. Laki-laki yang akrab disapa Dito tersebut tak lain merupakan anak kandung dari Sekertaris Kepresidenan (Seskep) Pramono Anung.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri Budi Kanang Sulistyo, saat ditemui Satukanal.com mengatakan, pemberian rekom oleh partai mempertimbangkan banyak aspek. Selain sosok yang baik, menurut Kanang, elektabilitas calon juga dilihat.

“Aspek tersebut dilihat by survey pasti. Anda mempunyai duit banyak, mempunyai nama, tetapi ketika disodorkan kepada masyarakat surveinya tidak masuk. Lha terus buat apa,” kata Kanang.

Lantas, dari kelima kandidat tersebut elektabilitas siapakah yang paling banyak diketahui masyarakat hingga saat ini?

Satuakanal.com melalui Litbang Satukanal melakukan survei di Kabupaten Kediri dan melibatkan lebih dari 600 responden yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Kediri.

Ada beberapa poin yang diambil dari survei tersebut. Salah satunya, yakni elektabilitas dan popularitas calon.

Dari hasil survei elektabilitas sebagai kandidat bupati, nama Masykuri, Wakil Bupati Kediri menjadi yang tertinggi dengan nilai 19.6 %, di urutan kedua ada nama Mujahid di angka 10.2 %, disusul dengan Hanindito di angka 1.1 %, dan Sukma Sahdewa di angka 0.8 %.

Sementara terkait survei popularitas, hasilnya tidak jauh berbeda dengan elektabilitas. Masykuri menduduki posisi pertama disusul Mujahid di posisi kedua dan Hanindito di posisi ketiga serta Sukma di posisi ke empat.

Sementara itu, terkait hasil survei yang dilakukan Tim Litbang Satukanal tersebut merupakan hasil sementara yang akan diperbarui dalam waktu dekat.

Pewarta : Muchlis Ubaidhillah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait