Kabupaten Mojokerto Punya Kopi Trawas, Rasanya Semriwing - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bupati Dorong Perluasan Tanam Kopi Trawas Kopi Khas Kabupaten Mojokerto
Bupati Mojokerto dengan Kopi Trawas (Foto: Humas Pemkab Mojokerto)
ADV

Kabupaten Mojokerto Punya Kopi Trawas, Rasanya Semriwing

Satukanal.com, Mojokerto – Acara “Talkshow dan Ngopi Bareng Bupati” rangkaian Majafest 2021, Pemerintah Kabupaten Mojokerto turut menampilkan kain-kain batik dan bordir khas Kabupaten Mojokerto, lengkap dengan kriya aksesoris perhiasan hasil UMKM Kumbang Silver Desa Batankrajan.

Selain menampilkan beragam kain baik dan bordir khas Kabupaten Mojokerto, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati juga mengenalkan kopi khas Kabupaten Mojokerto yakni, kopi Trawas jenis arabica yang punya rasa khas nuansa ‘semriwing’ mirip sensasi daun mint.

“Kopi kita sangat spesial. Ada jenis arabica, liberika, robusta dan excelsa. Ada salah satu jenis yang punya after taste mirip seperti sensasi mint,” terang Ikfirna.

Diketahui, dalam dunia kopi, nuansa khas tersebut dikenal dengan istilah ‘speciality coffee’. Proses pengolahan kopi juga sangat berpengaruh dan bermacam-macam.

Baca Juga :  Yonzipur 10 Kostrad Latihan Ranpur Amphibious Phonton Baru di Mojokerto

Ikfina mengatakan, proses pengolahan kopi bahkan ada yang difermentasi dulu 10-30 hari. Makin khusus kopi, akan makin dicari para penikmat kopi.

“Itu yang bisa kita jual. Ini potensi kita. Peluang pasar yang besar, kita harap juga dibarengi dengan produski tanam lebih luas lagi nantinya,” kata Ikfina.

Beragam kendala pun sering muncul, diantaranntya tingginya permintaan yang tidak imbang dengan suplai barang. Maka dari itu, para petani kopi Trawas bekerja sama dengan pihak ke tiga untuk memenuhi target pasar. Ini karena petani tidak mau jika kopi khas Trawas, diakui menjadi merk pihak luar.

Selanjutnya, Bupati Ikfina mengutarakan harapannya agar semua usaha promosi pariwisata Majafest 2021, dapat mendongkrak nama Kabupaten Mojokerto agar lebih dikenal. Bupati juga ingin para influencer dapat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Mojokerto, dalam mempromosikan hal-hal positif ke depannya.

Baca Juga :  Waspada Titik Rawan Banjir, Sejumlah Sungai di Mojokerto Dinormalisasi

Sebagai informasi, rangkaian Majafest 2021 sendiri diagendakan berlangsung mulai 28 Oktober sampai 10 November 2021 mendatang. Adapun rangkaian acaranya antara lain:

  • Konferensi pers 28 Oktober,
  • Jelajah Wisata & Fashion Show On The Sunset tanggal 1 November 2021 di UTC Trawas dengan melibatkan 50 influencer se- Jawa Timur,
  • Kompetisi Kopi Talk Show & Ngopi Bareng Bupati tanggal 2 November,
  • Pemilihan Duta Batik Kabupaten Mojokerto 2021 (grand final 6 November),
  • Pemilihan Puteri Coklat Kabupaten Mojokerto 2021 (grand final 7 November),
  • Awarding Night Pagelaran Fashion Show Dodolan Kreatif di tanggal 10 November 2021. (Adv)

Kanal Terkait