SATUKANAL.COM
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Kabupaten Mojokerto Nyatakan Siap Hadapi Masa Siaga Bencana Dalam Apel Ops Aman Nusa II

SATUKANAL.com, MOJOKERTO– Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander menyampaikan kesiapan tanggap bencana alam 2020 terkait adanya potensi bencana yang akan menerjang Indonesia dalam waktu dekat. Kabar tersebut disampaikan melalui siaran pers Badan Meteorolgi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kapolres Mojokerto bersama dengan personil gabungan baik dari Polsek jajaran Polres Mojokerto, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mojokerto, Badan penganggulangan Bencana daerah (BPBD) kabupaten Mojokerto, Tagana Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto serta relawannya menggelar Apel Operasi aman Nusa II di Halaman Mapolres Mojokerto pada Jumat  (6/11/2020). Apel ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi masa siaga bencana di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Dalam apel gelar pasukan kali ini, Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander juga didampingi oleh Dandim 0815 Mojokerto, Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, Pjs Bupati Mojokerto Himawan Estu Bagijo serta Wakapolres Mojokerto juga Kompol David Triyo Prasojo.

Baca Juga :  Tingkatkan Produktifitas Hasil Pertanian, Pemkab Mojokerto Kerjasama dengan PT Wilmar Padi Indonesia

Menurut AKBP Dony Alexander, potensi bencana yang akan terjadi antara lain bencana Hydrometeorologi. Bencana ini merupakan salah satu jenis bencana yang terkait dengan meteorologi dan klimatologi atau cuaca dan iklim yang sering dianggap sebagai bencana rutin di tanah air. Seperti halnya dengan bencana banjir, longsor, kekeringan, kebakaran hutan, gelombang pasang dan angin puting beliung.

“Kejadian bencana ini dianggap sebagai bencana rutin, sehingga kita seringkali lengah dan menyebabkan kerugian yang luar biasa besar.” Ungkapnya menjelasakan. AKBP Dony Alexander juga menjelaskan terdapat faktor kunci lainnya guna meningkatkan kesiapsiagaan. Artinya, kemampuan ini mengantisipasi ancaman serta mampu melakukan tindak lanjut pada saat kejadian bencana.

Baca Juga :  Pastikan Aman Dari Covid-19, Disparpora Kabupaten Mojokerto Siap Buka Tempat Wisata Pertama Di Jatim

Sedangkan terkait penyelenggaraan penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab pemerintah pusat dan pemerintah daerah sesuai dengan UU Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Dalam apel gelar tersebut, Kapolres Mojokerto juga berharap bahwa pihak-pihak yang tergabung dalam Apel Operasi Aman Nusa II mampu mengkoordinasikan serta memadukan semua kekuatan sumber daya penanggulangan bencana.  Sehingga dapat terciptanya sinergi terkait penanggulan bencana serta kesiapan dalam menghadapi potensi bencana yang akan terjadi.

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait