Kabupaten Kediri Urutan ke-9 Daerah Tertinggi Penyebaran Covid di Jatim
SATUKANAL.COM
Pil Minum Pfizer Untuk Covid-19 Masuk Tahap Uji Klinis
BERITA Kanal Straight

Kabupaten Kediri Urutan ke-9 Daerah Tertinggi Penyebaran Covid di Jatim

Satukanal.com, Kediri – Tren penyebaran Virus Covid-19 di Kabupaten Kediri mengalami lonjakan yang cukup tajam di pertengahan tahun 2021 ini. Secara peringkat Kabupaten Kediri saat ini berada diurutan ke 9 tertinggi penyebaran covid di Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Bupati Kediri Hanindito Himawan Pramana mengatakan, lonjakan angka penyebaran tersebut sudah sesuai dengan prediksinya. Tingginya angka penyebaran merupakan dampak dari libur panjang lebaran Idul Fitri tahun 2021 ini.

“Kabupaten Kediri sekarang kita lonjakan tertinggi nomor 9 se-Jatim. Memang ini sudah kita prediksi,” kata Bupati Kediri Hanindito Himawan Pramana.

Menurutnya, lonjakan terjadi karena masih banyak warga belum menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi, baik di wilayah kabupaten maupun Kota Kediri.

Baca Juga :  Jembatan Jongbiru Tak Jadi Dibangun Megah

Dia turut mengimbau untuk masyarakat agar tidak terlena untuk menerapkan protokol kesehatan 3M dan program vaksinasi. “Jadi saya imbau jangan lupa mengunakan masker. Dan jangan takut untuk di vaksin,” jelasnya.

Sementara itu, Sekertaris Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri Slamet Turmudi menyebutkan tren lonjakan angka Covid-19 masih disebabkan oleh adanya klaster keluarga. Jumlah angka terkonfirmasi setiap hari sejumlah 2, 3, 5, dan 12 pasien.

Upaya-upaya pencegahan, dikatakannya akan terus dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan lebih lanjut. “Tren mengalami kenaikan, yang masih tersebar dari klaster keluarga. Bukan klaster mudik atau pendatang,” jelasnya.

Baca Juga :  Kampung Topeng, Begini Pemandangan Mangkraknya

Menurut data yang dikeluarkan oleh laman resmi http://infocovid19.jatimprov.go.id tertanggal 8 Juni 2021, peringkat pertama jumlah kasus aktif Covid-19 terdapat di Kabupaten Madiun mencapai 156 pasien. Disusul peringkat kedua ditempati Surabaya dengan 149 pasien.

Selanjutnya, peringkat ketiga kasus aktif Covid-19 terbanyak di Jatim adalah Kabupaten Blitar dengan 118 pasien, disusul Banyuwangi degan 110 pasien dan Trenggalek sebanyak 88 pasien. Sedangkan kabupaten Kediri, berada diurutan nomor 9 sebanyak 62 pasien aktif terkonfirmasi Covid-19.

 

 

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Ubaidhillah

Kanal Terkait