Kabupaten Kediri Siapkan Seluruh Sektor, Guna Antisipasi Ancaman Bencana Hidrometeorologi | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kabupaten Kediri Siapkan Seluruh Sektor, Guna Antisipasi Ancaman Bencana Hidrometeorologi
BERITA HIGHLIGHT KABUPATEN KEDIRI STRAIGHT NEWS

Kabupaten Kediri Siapkan Seluruh Sektor, Guna Antisipasi Ancaman Bencana Hidrometeorologi

SATUKANAL.com, KEDIRI– Pemerintah Kabupaten Kediri, melakukan persiapan penanggulangan bencana Hidrometeorologi, dengan melibatkan seluruh sektor instansi dan masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri.

Hal tersebut disampaikan dalam acara apel siaga dan gelar peralatan, dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi di wilayah Kabupaten Kediri. Acara Apel siaga  dilaksanakan di Lapangan Desa Wonojoyo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri.

“Pertama keterlibatan di leading sektor yakni BPBD. Kemudian kita back up dari TNI, Polri, DLH, Dinsos, Satpol PP, Dinkes, Tagana, dan Ormas. Harapannya kita seluruh masyarakat ikut beperan aktif,” kata Komandan Distrik Limiter (Dandim), Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno, juga selaku pemimpin Apel Siaga, Sabtu (21/11/2020).

Baca Juga :  Kepala BPOM RI Beri Pendampingan dan Dukungan UMKM Jamu Obat Tradisional di Kabupaten Kediri

Dirinya juga menegaskan, untuk partisipasi masyarkat juga sangat diperlukan selain keterlibatan Instasi pemerintah atau non pemerintah.

Disebutkan, tindak lanjut dari acara apel siaga tersebut akan dilakukan berbagai kegiatan karya bakti. Seperti pemebersihan saluran air, sungai, dan sebagainya.

Dilanjutkan dengan pembersihan pohon besar di sepanjang jalan yang nantinya akan dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri. Supaya tidak menjadi ancaman, ketika diterjadi bencana alam angin puting beliung.

Baca Juga :  Banjir Dukungan, Calon Bupati Kediri Terima Bantuan Mobil Siaga dari PKPI

“Tentunya ancaman hidrometrologi itu ancaman yang nyata. Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, banyak sekali bencana-bencana yang harus di antisipasi,” terangnya.

Dirinya berharap pada tahun ini agar tidak menimbulkan korban, baik jiwa maupun harta benda.

“Ini sesuatu yang sangat penting. Karena kita tau, akhir tahun musim penghujan. Perlu mewaspadai baik banjir, longsor, maupun angin puting beliung,” tutupnya. (adv)

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait