Turun Level 3 Pemkab Blitar Gratiskan Swab Antigen Bagi Masyarakat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pemkab Blitar Genjot Vaksinasi, Turun Level 3 Gratiskan Swab Antigen Bagi Masyarakat
Bupati Blitar tinjau pelaksanaan vaksinasi tahap ke II (Foto: Dokumentasi Pemkab Blitar)
BERITA Kanal Straight

Turun Level 3 Pemkab Blitar Gratiskan Swab Antigen Bagi Masyarakat

Satukanal.com, Blitar – Guna menekan angka penyebaran Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi terus digencarkan pemerintah salah satunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar.

Pada Senin (6/9/2021), pelaksanaan vaksinasi tahap II untuk masyarakat kembali diselenggarakan di Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar.

Pada saat proses vaksinasi antusiasme masyarakat pun sangat tinggi. Dalam kesempatan tersebut juga turut dihadiri Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi tahap ke II.

Pemkab Blitar pun tah henti-hentinya memberikan sosialisasi kepada masyarakat prihal pentingnya vaksinasi disaat pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Mak Rini sapaan akrab bupati Blitar mengatakan, penyelenggaraan kegiatan vaksinasi bertujuan untuk mengejar target kekebalan komunal (herd immunity).

“Jadi, yang belum vaksin saya himbau untuk mengikuti vaksin di masing-masing wilayah yang sudah terjadwal. Dengan melakukan vaksin dapat membantu untuk menguatkan imun,” ujar Rini.

Baca Juga :  Pemkab Malang Genjot 20 Ribu Vaksin Per Hari

Oleh sebab itu, Mak Rini menghimbau masyarakat untuk mengikuti vaksin yang telah disediakan oleh puskesmas di setiap wilayah.

Rini juga turut menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat sehingga angka kasus aktif dapat dikendalikan.

“Jangan karena sudah divaksin kita semua abai terhadap prokes tetap menjaga prokes 5M,” jelasnya.

Sebagai informasi, 24 Puskesmas di Kabupaten Blitar memberikan layanan swab antigen gratis. Layanan ini menyusul turunnya Kabupaten Blitar ke level 3 dan banyaknya kebutuhan swab antigen bagi persyaratan mobilitas warga.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Blitar, Christine Indrawaty mengatakan, layanan gratis ini diberikan sejak hari ini, Selasa (7/9/2021). Kabupaten Blitar baru saja mendapat bantuan sebanyak 30 ribu reagen antigen dari pemerintah.

Baca Juga :  Melalui Program PTSL, Sejumlah Warga Desa Olak Alen Dapat Sertifikat Tanah

Selain itu, sisa stok belanja Dinkes Pemkab Blitar sendiri masih sekitar 2.500 reagen. Dengan jumlah stok sebanyak 32.500 reagen tersebut, menurut Christine mencukupi untuk memberikan layana gratis bagi warga yang membutuhkan.

Diketahui, Semua puskesmas di Kabupaten Blitar, membuka layanan sejak hari Senin sampai Sabtu pada jam kerja. Rata-rata, layanan gratis diberikan mulai pukul 09.00-11.00 WIB.

“Syaratnya hanya membawa KTP yang menunjukkan sebagai warga kabupaten ya. Layanan rapid antigen gratis ini, khusus untuk warga Kabupaten Blitar saja,” terangnya.

 

 

Pewarta : Viska
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait