Kabar Gembira! Ini Syarat Dapatkan Bantuan UKT untuk Mahasiswa Terdampak Covid-19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kabar Gembira! Ini Syarat Dapatkan Bantuan UKT untuk Mahasiswa Terdampak Covid-19
BERITA Kanal Artikel

Kabar Gembira! Ini Syarat Dapatkan Bantuan UKT untuk Mahasiswa Terdampak Covid-19

Satukanal.com, Nasional– Kabar gembira untuk seluruh mahasiswa di Indonesia. Pasalnya, ada bantuan UKT atau Uang Kuliah Tunggal yang bakal diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang terdampak Covid-19, sehingga meringankan beban mahasiswa. Hal tersebut disampaikan oleh Nadiem Makarim selaku Mendikbudristek dalam konferensi pers peresmian lanjutan Bantuan Kuota Data Internet dan UKT Tahun 2021.

Disebutkan olehnya bahwa alokasi anggaran untuk program ini di tahun 2021 sebesar Rp 745 miliar dan akan disalurkan kepada setiap perguruan tinggi negeri ataupun swasta. Untuk pencairannya sendiri, dikatakan mulai Sepetember 2021.

Sedangkan untuk besaran UKT-nya yakni dengan batas maksimal Rp 2,4 juta. Jika nantinya bantuan tersebut diberikan dengan nominal yang lebih besar, maka selisihnya merupakan kebijakan dari setiap perguruan tinggi yang disesuaikan dengan kondisi mahasiswanya.

Baca Juga :  Hari Ini, Bioskop di Wilayah PPKM Level 2 dan 3 Kembali Beroperasi

Lebih lanjut, Nadiem menyampaikan agar mahasiswa yang membutuhkannya untuk segera mendaftarkan diri ke pimpinan perguruan tinggi. Supaya kemudian diajukan sebagai penerima ke kemendikbudristek.

Syarat Bantuan UKT 2021

Lantas, apa saja persyaratannya? Adapun persyaratan penerima bantuan UKT yang telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek, antara lain:

  1. Mahasiswa yang masih aktif kuliah
  2. Bukan penerima KIP Kuliah
  3. Buka penerima beasiswa bidikmisi dan bantuan lain dari pemerintah
  4. Memerlukan bantuan keuangan untuk melakukan pembayaran UKT

Program ini juga akan diberikan kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) melalui Kementerian Agama (Kemenag). Skema bantuan meliputi pengurangan UKT, perpanjangan waktu bayar, dan pembayaran secara diangsur bagi perguruan tinggi yang memiliki sistem keuangan Badan Layanan Umum (BLU).

Dilansir dari situs Kemenag, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Suyitno mengatakan, berikut syarat mendapatkannya, antara lain:

  1. Bukti/keterangan sah bahwa orang tua atau wali meninggal dunia.
  2. Bukti/keterangan sah bahwa orang tua atau wali mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).
  3. Bukti/keterangan sah bahwa orang tua atau wali mengalami kerugian usaha/pailit.
  4. Bukti/keterangan sah bahwa orang tua atau wali mengalami penutupan tempat usaha.
  5. Bukti/keterangan sah bahwa orang tua atau wali mengalami penurunan pendapatan secara drastis.
Baca Juga :  Komika Coki Pardede Positif Konsumsi Narkoba Jenis Amfetamine

Cara Mendapat Bantuan UKT 2021

Apabila sebelumnya telah dijelaskan mengenai persyaratan yang harus dipenuhi bagi penerima, maka akan dijelaskan pula cara mendapatkannya. Bagaimana cara yang harus dilakukan agar bisa memperoleh bantuan ini? Berikut ulasannya:

  1. Mahasiswa mengajukan diri atau daftar langsung ke pimpinan tertinggi di perguruan tinggi
  2. Selanjutnya, pimpinan tertinggi perguruan tinggi atau pihak kampus akan mengajukan daftar penerima bantuan UKT ke Kemendikbudristek
  3. Bila dinyatakan berhak menerima UKT, maka bantuan akan disalurkan langsung oleh Kemendikbudristek kepada perguruan tinggi

 

Penulis : Adinda

Kanal Terkait