Kabar Gembira! Akhir Tahun Ini, Bus New Macyto Siap Beroperasi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kabar Gembira! Akhir Tahun Ini, Bus New Macyto Siap Beroperasi
BERITA Kanal Highlight

Kabar Gembira! Akhir Tahun Ini, Bus New Macyto Siap Beroperasi

Satukanal.com, Malang– Kabar gembira menanti seluruh warga Kota Malang dan sekitarnya. Pasalnya, Bus Wisata Kota malang atau Bus Macyto (Malang City Tour) akan segera beroperasi.

Setelah melewati proses yang cukup panjang, pada akhir tahun 2021 mendatang bus tersebut akan direbranding menjadi New Macyto dan siap melenggang di jalanan Kota Malang. Transportasi ikonik ini, nantinya dapat dinikmati oleh wisatawan lokal ataupun luar daerah yang ingin menikmati suasana Kota Malang sambil berkeliling dengan nuansa yang berbeda.

Heru Mulyono selaku Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang menyampaikan, saat ini proses penyusunan Detail Enginering Design (DED) New Macyto tengah digarap. Targetnya, yakni tuntas 10 Mei mendatang sehingga dapat segera masuk ke tehapan selanjutnya.

“DED targetnya diselesaikan 10 Mei ini. Setelah DED selesai, baru disampaikan dulu ke Pak Wali agar ditentukan langkah selanjutnya ada arahan apa,” ujarnya.

Baca Juga :  Manuto! Kota Malang-mu Sedang Tidak Baik-Baik Saja

Menurut Heru, DED dilakukan karena bus New Macyto akan memiliki bentuk sedikit berbeda dengan sebelumnya. Hal ini disesuaikan dengan aturan Dirjen Perhubungan Darat untuk kendaraan transportasi seperti bus pariwisata.

Lebih lanjut, Heru menerangkan bahwa yang utama adalah tinggi dari bus dengan bak terbuka di atasnya. Bentuk bak terbuka ini, kata Heru, untuk wisatawan agar bisa melihat sekeliling Kota Malang. Selain itu, bus Macyto ini juga akan diberikan beberapa fitur baru lainnya yang mendukung.

“Desain baru kita tunggu saja, yang jelas kita ikuti 9aturan dari Dirjen Perhubungan Darat. Nanti tetap terbuka, tapi lebih pendek. Anggaran masih nunggu proses DED ya, tapi sekitar satu miliar rupiah,” terangnya.

Sedangkan terkait fungsinya, Bus New Macyto, imbuhnya, tetap diperuntukkan bagi kebutuhan daya tarik wisata. Bus macyto akan sesegera mungkin dioperaskan dan unitnya akan ditambah lagi kedepannya.

Baca Juga :  Sutiaji: PPKM Darurat Satu Putaran, Jika Warga Patuh

“Untuk saat ini, ada dua unit Bus Macyto yang akan dijadikan New Macyto. Rencananya, setelah Bus New Macyto dioperasikan, Pemkot Malang akan berencana membuat pengadaan unit bus yang baru,” ungkap Heru.

Diakui Heru, jika proses untuk operasional New Macyto ini sebenarnya lebih mudah jika pengadaan baru. Namun, kali ini hal itu belum dilakukan. Mengingat, Bus Macyto lama memiliki nilai historis yang menjadikan salah satu barang ikonik Kota Malang.

Seperti diketahui, bus wisata Macyto mulai dioperasikan pada Desember 2014 lalu. Setelah hampir lima tahun beroperasi, pada Agustus 2019 lalu dihentikan operasionalnya dengan alasan bus tidak sesuai dengan standar keselamatan yang direkomendasikan Ditjen Perhubugan Darat Kemenhub.

 

 

 

Pewarta : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait