Kabar Baik! Ada Dispensasi Perpanjang SIM Setelah Libur lebaran - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kabar Baik! Ada Dispensasi Perpanjang SIM Setelah Libur lebaran
BERITA Kanal Highlight

Kabar Baik! Ada Dispensasi Perpanjang SIM Setelah Libur lebaran

Satukanal.com, Nasional– Kabar baik untuk seluruh masyarakat yang belum sempat melakukan perpanjang SIM di masa libur lebaran ini. Pasalnya, pihak kepolisian memberikan waktu dispensasi perpanjang SIM pada 17 hingga 19 Mei 2021.

Sebelumnya, diketahui bahwa layanan penerbitan SIM bagi seluruh masyarakat libur pada 12 hingga 16 Mei 2021. Hal ini mengacu pada telegram Kapolri Nomor ST/959/V/YAN.1.1/2021 yang tertanggal sejak 6 Mei 2021, pelayananan Surat Izin Mengemudi (SIM) harus tutup sementara selama 5 hari.

Untuk itu, Kombes Pol Tri Julianto Gjatiutomo selaku Kepala Subdit Sim Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri memberikan dispensasi perpanjangan Sim yang berada di masa tenggang.

“Namun, dikhususkan bagi pemegang SIM yang tidak melaksanakan perpanjangan pada waktu dispensasi tersebut maka dilaksnakan dengan mekanise penerbitan SIM baru,” ucapnya.

Lebih lanjut, disebutkan bagi mereka yang hendak ataupun berencana melakukan perpanjangan Sim dapat segera mengurus secara angsung ke satpas SIM, SIM keliling dan Gerai SIM aserta dapat pula dilakukan melalui aplikasi online.

Mengingat,pihak kepolisian juga telah meluncurkan aplikasi Sinar di Smartphone yang merupakan salah satu layanan dalam aplikasi Digital Korlantas polri. Masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini untuk memperpanjang masa berlaku SIM A dan C.

Aplikasi perpanjang SiM online tersebut, juga dapat mencegah penularan Covid-19. Karena tidak menimbulkan kerumunan di sutau lokasi tertentu. Apalagi, aksesnya bisa dilakukan dimana saja dan dengan waktu kapanpun. Proses pelayanan Sim juga akan menjadi lebih cepat dan mudah.

 

 

 

Pewarta : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait