Jurus Jitu Kota Malang Siapkan Program Cegah Banjir - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jurus Jitu Kota Malang Siapkan Program Cegah Banjir
Banjir Kota Malang (Foto: ilustrasi/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Jurus Jitu Kota Malang Siapkan Program Cegah Banjir

Satukanal.com, Malang Meski seharusnya sudah memasuki musim kemarau, nyatanya beberapa waktu terakhir Kota Malang sempat diguyur hujan lebat. Hal ini yang membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tetap pasang kuda-kuda dalam atasi banjir.

Sejumlah program pun sudah dipersiapkan oleh Pemkot Malang. Wali Kota Malang Sutiaji menegaskan, pihaknya telah membuat masterplan penangkal banjir.

Dengan upaya tersebut, beberapa kawasan yang selalu tergenang air saat musim hujan, nantinya tak akan terjadi lagi. “Ya, kami lihat hujan beberapa hari terakhir tinggi dan potensi banjir cukup tinggi,” ujar Sutiaji.

Baca Juga :  Tujuh Tata Cara Mencuci Baju untuk Kamu yang Isoman

Dirinya menyatakan, bakal meneruskan proyek jecking yang sempat mangkrak beberapa tahun lalu. Nantinya, dengan selesainya proyek jecking akan mampu mengatasi banjir yang kerap terjadi.

Tak cukup itu saja, adanya normalisasi gorong-gorong akan dilakukan. Pemkot juga akan mengoptimalkan fungsi saluran drainasi di beberapa titik Kota Malang. Hal tersebut dilakukan karena, selama ini sampah yang menyumbat saluran air juga menjadi pemicu terjadinya banjir.

Baca Juga :  Peduli Isoman ala LPBI NU Bangil, Salurkan 50 Paket Sembako dan Kesehatan

Sutiaji juga akan menggerakkan lagi program gerakan angkut sampah dan sedimen (GASS) yang dirasa kurang optimal. Berdasar pantauannya beberapa bulan lalu, sampah yang ada di gorong-gorong kerap menyumbat aliran air.

“Itulah salah satu penyebab banjir di Kota Malang kerap terjadi,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait