Jubir Satgas Covid-19 Imbau Masyarakat Bawa Surat Bukti Vaksin, Antisipasi PeduliLindungi Error - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jubir Satgas Covid-19 Imbau Masyarakat Bawa Surat Bukti Vaksin, Antisipasi PeduliLindungi Error
uru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Foto: Dokumentasi Satgas Covid-19)
BERITA Kanal Straight

Jubir Satgas Covid-19 Imbau Masyarakat Bawa Surat Bukti Vaksin, Antisipasi PeduliLindungi Error

Satukanal.com, Nasional – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menggelar acara konferensi pers virtual, yang digelar pada Kamis (5/11/2021).

Pada konferensi pers virtual tersebut, Wiku mengimbau masyarakat untuk membawa surat keterangan bukti vaksinasi jika hendak bepergian. Hal itu dilakukan sebagai upaya antisipasi ketika aplikasi PeduliLindungi sedang dalam kondisi eror atau memperlihatkan perbedaan pencatatan data vaksinasi pengguna.

Dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini, bukti vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu syarat dokumen yang harus dibawa pelaku perjalanan saat bepergian di berbagai moda transportasi, mulai dari pesawat terbang hingga kereta api.

Baca Juga :  Temuan Kecurangan di CPNS 2021, Tes CAT Bakal Gunakan Linux

“Mengantisipasi perbedaan pencatatan data dalam aplikasi PeduliLindungi, masyarakat dapat meminta bukti vaksinasi ke vaksinator untuk kemudahan berpergian,” ujarnya.

Sebagai informasi, dalam acara konferensi pers virtual tentang “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia” pada Selasa (2/11/2021). Wiku mengatakan terdapat kegiatan lain yang telah mengalami penyesuaian. Penyesuaian tersebut mengatur tentang tiga hal, di antaranya:

  • Pelaksanaan kegiatan posyandu yang dapat digelar dengan kapasitas 100%,
  • Pengaturan mobilitas masyarakat yaitu bagi pelaku perjalanan,
  • Developmental Basketball League (DBL) yang diperluas pelaksanaannya ke beberapa wilayah.

Adapun, masa karantina pelaku perjalanan internasional juga turut alami penyesuaian dimana tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satgas Nomor 20 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Covid-19, diantarannya:

  • Karantina selama 3 hari khusus ditujukan bagi pelaku perjalanan internasional yang sudah divaksinasi dosis penuh.
  • Karantina selama 5 hari khusus ditujukan bagi pelaku perjalanan internasional yang baru menerima vaksin dosis pertama.
Baca Juga :  Jadi Korban Mafia Tanah, Kakanwil BPN DKI Jakarta Imbau Masyarakat Tak Beri Kuasa Pengurusan Tanah Pada Orang Lain

Pelaku perjalanan internasional wajib melakukan tes Covid-19 saat tiba di pintu masuk kedatangan dan kembali dites setelah menjalani karantina. Aturan masa karantina bagi pelaku perjalanan internasional tersebut berlaku di seluruh pintu masuk kedatangan.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait