Jokowi Pastikan Vaksinasi Booster Gratis Untuk Masyarakat
SATUKANAL.COM
vaksinasi booster
Presiden Jokowi saat mengumumkan PPKM darurat (Foto: Youtube Sekretraiat Negara)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Dimulai 12 Januari, Jokowi Pastikan Vaksinasi Booster Gratis Untuk Masyarakat

Satukanal.com, Nasional– Presiden Joko Widodo menyampaikan, vaksinasi booster akan dimulai besok, 12 Januari 2022. Ia pun memastikan vaksin booster ini diberikan secararatis untuk masyarakat.

“Mulai 12 Januari 2022 pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan dan kelompok rentan,” ujar Jokowi dalam keterangan video melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/1/2022).

Menurut  Jokowi, vaksinasi booster diberikan sebagai upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat. Mengingat, saat ini adanya varian baru Covid-19 Omicron yang mulai ada di Indonesia.

“Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus covid-19 yang terus berputar,” ucap dia.

Lebih lanjut, ia pun mengungkapkan perihal syarat dan ketentuan penerima vaksin booster. Mereka yang mendapatkan vaksin booster adalah mereka yang sudah mendapatkan suntikan vaksin dosis kedua lebih dari enam bulan.

Baca Juga :  Heboh Soal Delmicron, Ini Faktanya

Tak lupa, Jokowi juga mengingatkan agar masyarakat senantiasa mematuhi protokol kesehatan.

“Meski sudah divaksin saya mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan memakai masker menjaga jarak mencuci tangan, karena vaksinasi  dan disiplin protokol kesehatan merupakan kunci dalam mengatasi pandemi Covid-19,” katanya.

Sebelumnya telah diberitakan, bahwa Izin Penggunaan Darurat Vaksin Booster Covid-19 atau emergency authorization use (EUA) telah diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Terdapat lima jenis vaksin Covid-19 sebagai vaksin booster yang mendapat EUA dari BPOM. Kelima vaksin itu antara lain Coronavac PT Bio Farma, Pfizer, Astrazeneca, Moderna dan Zifivax.

Baca Juga :  Omicron Masuk Jatim, Satgas Lacak Keluarga Besar yang Ikut Liburan ke Bali

Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan penerbitan izin penggunaan darurat vaksin booster ini berdasarkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).

Penny menyebut bahwa pemberian vaksin booster atau dosis ketiga ini untuk melindungi masyarakat dari varian baru Covid-19.

“Respons imun yang dari semua vaksin menunjukkan adanya penurunan kadar antibodi yang signifikan yaitu sekitar di bawah 30 persen terjadi setelah 6 bulan pemberian vaksin yang lengkap untuk usia 18 tahun” kata Penny dalam konferensi pers virtual, Senin (10/1/2022). (Adinda)

Kanal Terkait