Jokowi Dengarkan Keluhan Petani Desa Kanigoro - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jokowi Dengarkan Keluhan Petani Desa Kanigoro
BERITA HIGHLIGHT

Jokowi Dengarkan Keluhan Petani Desa Kanigoro

Satukanal.com, Malang – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hadir di Desa Kanigoro, Pagelaran, Kabupaten Malang hari ini (29/4). Hal tersebut sebagai rangkaian kunjungan guna meninjau proses tanam dan panen padi. Ia datang bersama para menteri, Ketua DPR RI, Puan Maharani, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Malang, Sanusi.

Jokowi mengatakan perhitungan jumlah produksi untuk benar-benar dihitung. Karena, dari hal tersebut pemerintah tidak perlu lagi melakukan impor beras. “Tujuan saya kesini untuk melihat panen, tanam dan juga penggilingan rice milling unit,” jelasnya.

Baca Juga :  Sutiaji Apresiasi Dishub Malang Antisipasi Kerumunan Jam Pulang Sekolah

Lanjut, ia menjelaskan jika ingin memastikan hasil produksi padi yang ada, dan betul-betul bisa memenuhi kebutuhan seluruh rakyat Indonesia. Sehingga kalau itu betul-betul ada barangnya, akan muncul produksi beras yang baik.

Menurutnya jika angka produksi benar dihitung, maka pemerintah bisa untuk tidak melakukan impor beras lagi. “Tetapi hitungannya harus pasti, karena menyangkut masalah perut dan masalah makan rakyat, itu dari sini,” tambahnya.

Di Desa Kanigoro sendiri, para petani sudah mampu mengembangkan tanaman pada IPB 3S. Varietas ini terbilang sangat bagus karena bisa menghasilkan 12 ton beras setiap 1 hektare. Kareta itu optimisme terhadap ketahanan pangan masih mungkin diraih.

Baca Juga :  Pembangunan Hunian Korban Gempa Sedang Diproses

Selain itu, adanya bantuan sarana prasarana dan teknologi mumpuni juga menjadi dukungan terwujudnya ketahanan pangan. Para petani meminta secara langsung kepada Jokowi mesin panen, traktor dan alat pendukung lain. “Saya kira, tadi yang sampaikan akan kita penuhi. Karena memang sangat dibutuhkan sekali oleh para petani disini,” katanya.

 

 

 

Pewarta : Wildan Agta Affirdausy
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait