Jeruk Gamindo, Punya Kulit yang Tak Kalah Manis dari Buahnya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jeruk Gamindo, Punya Kulit Yang Tak Kalah Manis Dari Buahnya
Tanaman Jeruk Gamindo (Foto: Yulsa Zenna/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Jeruk Gamindo, Punya Kulit yang Tak Kalah Manis dari Buahnya

Satukanal.com, Batu – Indonesia memiliki Sumber Daya Genetik (SDG) beragam. Kebanyakan wilayah yang ada mempunyai varietas berbeda. Salah satu contohnya yakni tanaman jeruk.

Buah yang mayoritas berwarna oranye ini merupakan salah satu komoditas unggulan dengan aspek luas dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Jenis tanaman ini memiliki karakter yang khas dan disukai semua kalangan masyarakat.

Di Jawa Timur sendiri terdapat Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro). Berdasarkan data pada tahun 2018, Balai ini menjadi lembaga yang bertanggung jawab terhadap penelitian buah jeruk di seluruh Nusantara dan telah berhasil memiliki 258 varietas jeruk.

Jumlah tersebut meningkat secara signifikan dari tahun 2016, yang semula hanya mengoleksi 213 varietas. Varietas terbaru yang ditemukan ialah Jeruk Gamindo.  Jenis tersebut memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh jeruk lain.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas jeruk, Kementerian Pertanian akhirnya merilis jenis baru tersebut dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pertanian No. 0256/Kpts/SR.130/D/III/2021.

Baca Juga :  Selecta: Seperti Baru Bisa Jalan, Lalu Kembali Kritis

“Kalau Gamindo sebenernya bukan dari persilangan. Karena kebutuhan, jika jeruk ini tidak dirilis tidak dapat disebarluaskan ke luar Jawa. Nah, untuk mengesahkan supaya jeruk bersertifikasi syaratnya harus ada pelepasan varietas,” ungkap Koordinator Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP), Sri Andayani yang berada di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Gamindo sendiri termasuk ke dalam jenis Kumquat Nagami yang berukuran tidak terlalu besar dan hanya dapat berbuah sedikit. Tetapi, jenis ini dapat berbunga sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Salah satu keunikan lain, ia memiliki kulit manis yang bisa dimakan, bijinya pun minim.

Hal lain yang cukup mengejutkan adalah terdapat dua tipe rasa. Tipe pertama mempunyai buah dan kulit yang manis. Kedua, kulitnya juga memiliki rasa manis, tapi buahnya asam.

Baca Juga :  Vaksinasi di Jombang Berhenti, Satgas Klaim Target Sudah 100 Persen

“Gamindo dulu lebih ngetren yang bentuknya oval, namanya Gamindo L. Sekarang yang baru, berbentuk bulat dinamakan Gamindo B dan baru saja kami lepas tahun kemarin” ungkap wanita yang biasa disapa Yani itu.

Dia menuturkan tidak ada pembeda dalam cara pembibitan dan perawatannya. Untuk keseluruhan, rata-rata sama saja. Di Kota Malang khususnya, belum ada petani yang menjual atau membudidayakan Gamindo secara besar-besaran. Varietas ini dianggap lebih eksotik untuk ditanam di pot atau di rumah sebagai tanaman hias.

Selain itu, ada beberapa jenis jeruk baru yang dikembangkan. Namun, belum sempat berbuah. Contohnya, jeruk Emperor. Nantinya, akan ada pelepasan buah baru yang masih dalam tahap observasi guna didaftarkan ke Pohon Induk Tunggal (PIT).

 

Pewarta : Yulsa Zenna
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait