Jemput bola, Vaksinasi Sasar Pedagang Pasar - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jemput bola, Vaksinasi Sasar Pedagang Pasar
Proses vaksinasi pedagang pasar Kota Lama pada 8 Juni 2021 (Foto: Instagram Diskopindag Kota Malang)
BERITA Kanal Straight

Jemput bola, Vaksinasi Sasar Pedagang Pasar

Satukanal.com, Malang Percepatan vaksinasi bagi warga Kota Malang, salah satunya untuk pedagang pasar menjadi prioritas Pemerintah Kota Malang saat ini.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Muhammad Sailendra, mengatakan bahwa pihaknya telah mengirim data para pedagang pasar yang akan menerima vaksin ke Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Tentu kami menginginkan adanya percepatan vaksinasi bagi para pedagang pasar tradisional yang ada di Kota Malang. Dan kami juga telah mengajukan kurang lebih 12 ribu jumlah pedagang pasar yang akan menerima vaksin,” ujar Sailendra pada Satukanal.com.

Agar lebih efektif, vaksinasi bagi pedagang pasar akan dilakukan di masing-masing pasar tempat mereka berjualan. Namun dia tidak menutup kemungkinan jika vaksinasi juga bisa dilakukan di fasilitas kesehatan (faskes) terdekat dari lokasi mereka berjualan.

Baca Juga :  Sosok Maning, Srikandi Pemoles Sepak Bola dan Futsal Putri di Malang Raya

Lokasi pelaksanaan vaksinasi bagi para pedagang pasar tentunya juga telah melalui tahap diskusi dan pertimbangan bersama pihak Dinkes Kota Malang. Lebih lanjut Sailendra menerangkan, proses vaksin yang dilakukan di area pasar dilakukan secara bergiliran, agar para pedagang dapat tetap melakukan aktifitas jual belinya.

Terlebih, vaksinasi biasanya dilakukan pada pagi hari ketika aktifitas berdagang sedang padat-padatnya. “Selain biar pedagang pasar tidak wira-wiri, kita perlu perhatikan waktu ya. Karena pelaksanaan vaksinasi jam 9 pagi sampai jam 1 siang. Nah pada rentan waktu itu, mereka berdagang,” imbuhnya.

Baca Juga :  Ritual Ikrar Petik Bumi, Tradisi Masyarakat Agraris Jenggolo Kepanjen

Sementara itu, berdasarkan keterangan Kepala Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif, vaksinasi bagi para pedagang memang diupayakan bisa dilakukan di dalam pasar juga. Bahkan vaksinasinya telah dimulai beberapa hari terakhir ini.

“Untuk pedagang sudah di mulai dengan tim vaksinasi turun ke pasar. Seperti Puskesmas Kendalsari kemarin itu ke Pasar Tawangmangu. Jadi kami jemput bola,” ungkap dr Husnul.

Dengan begitu, pria yang pernah menjabat sebagai Direktur RSUD Kota Malang itu berkeyakinan vaksinasi bagi pedagang pasar tradisional dapat berjalan dengan cepat. “Saya harap secepat cepatnya tuntas. Kalau bisa bulan ini tuntas,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait