Jembatan Kaca Seruni Point Bromo, Jadi Jembatan Kaca Terpanjang di RI - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jembatan Kaca Seruni Point Bromo, Jadi Jembatan Kaca Terpanjang di RI
Jembatan Kaca Seruni Point Bromo (Foto: Istimewa)
BERITA Kanal Straight

Jembatan Kaca Seruni Point Bromo, Jadi Jembatan Kaca Terpanjang di RI

Satukanal.com, Nasional – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) membangun jembatan kaca Seruni Point Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa timur.

Pembangunan jembatan gantung ini akan jadi jembatan kaca terpanjang di Indonesia. Sebab memiliki panjang 120 meter, dan akan melintasi jurang sedalam 80 meter.

Jembatan kaca di Seruni Point didesain sebagai jembatan kabel gantung (suspended cable) dengan ukuran lantai kaca memiliki lebar 1.8 meter dan 3 meter.

Diketahui, material yang digunakan adalah kaca dengan pengaman berlapis SGP. Struktur kaca pengaman berlapis (Laminated Glass) terdiri dari dua lembar kaca atau lebih, yang direkatkan satu sama lain menggunakan satu atau lebih lapisan laminasi (interlayer).

Baca Juga :  Kartun PopeyeTerinspirasi dari Sosok di Dunia Nyata, Siapakah Dia?

Selanjutnya, pengerjaan jembatan ini akan berlangsung selama 11 bulan serta menggunakan fondasi tiang bor dan sumuran yang lebih tahan terhadap longsor dan gempa bumi.

Pembangunan Jembatan Kaca Seruni Point Bromo ini untuk mendukung kelangsungan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur.

Kementerian PUPR pun memastikan jembatan gantung ini akan menjadi tempat bagi wisatawan untuk menikmati pemandangan sekaligus memacu adrenalin saat melintasinya.

Jembatan ini direncanakan rampung dan dapat dinikmati keindahannya oleh pengunjung pada tahun depan. Jembatan ini nantinya hanya diperuntukan untuk pejalan kaki dan tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda dua.

Baca Juga :  Jelang Tes SKB CPNS 2021, BKN: Persiapkan syarat yang sama

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Probolinggo, Santiyono, menjelaskan, selain pembangunan jembatan kaca, rencananya juga akan dibangun terminal di puncak Seruni Point.

Selain itu juga akan ditambahkan pintu masuk yang rencananya akan dibangun di areal terminal Sukapura. Nantinya juga ada pembangunan sejumlah fasilitas pendukung. Seperti pusat oleh-oleh, tempat istirahat, dan lainnya.

”Nantinya persiapan rencana pembangunan di kawasan Bromo itu, sambil menunggu kelanjutan dari pusat. Karena, pembangunan itu nantinya dari APBN dan dikerjakan oleh kementerian,” terangnya.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait