Jembatan Jongbiru Tak Jadi Dibangun Megah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Jembatan Jongbiru Mulai Dibangun 2022
Jembatan Jongbiru (Foto: Ubaidhillah/Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Jembatan Jongbiru Tak Jadi Dibangun Megah

Satukanal.com, KediriPemerintah Kabupaten Kediri batal membangun Jembatan Jongbiru sebagai jembatan ikonik di Kabupaten Kediri. Padahal pada tahun 2019 Pemkab telah menganggarkan pembangunan jembatan, dan disepakati anggaran yang akan dikeluarkan sebesar Rp 70 miliar.

Kabid Operasional dan Pemeliharaan PUPR Kabupaten Kediri, Andri Eko Prasetyo mengatakan, pembatalan pembangunan jembatan ikonik di Desa Jongbiru tersebut disebabkan adanya kebijakan refocusing anggaran Covid-19.

“Awalnya memang desain Jembatan Mrican ini akan dibangun dengan konsep modern yang futuristik, dengan rancangan anggaran 70 miliar,” kata Andri.

Baca Juga :  Sabet Juara I Best Catwalk, Harumkan Unikama di Kancah Provinsi

Dia juga menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) harus melakukan desain ulang. Tentunya desain tersebut juga menyesuaikan dengan ketersediaan dana yang ada.

“Dari Kementerian PUPR kami sudah memiliki rancangan awal bahwa jembatan ini akan mempunyai lebar 14 meter dan panjangnya 550 meter,” jelasnya.

Lebih lanjut Andri menyebut, sebagai gambaran Jembatan Mrican nantinya akan dibangun seperti Jembatan Wijaya Kusuma, yang berlokasi di kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.

Baca Juga :  Imbas PPKM di Malang, Pedagang Makanan Merugi

Menurut dia, Kementerian PUPR akan membantu pendanaan pembangunan Kerangka Baja bagian atas Jembatan Mrican. Kemudian, di bagian bawah jembatan, untuk realisasi pendanaannya menjadi tanggung jawab Pemkab Kediri.

“Beberapa waktu lalu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kediri telah menghadap Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR di Jakarta. Pada pertemuan ini, diperoleh solusi dari keterbatasan anggaran tersebut,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Anis Firmansyah
Editor: Ubaidhillah

Kanal Terkait